Mengetes ‘Multiple Intelligences”

image dari etwinning.skola.edu.mt

 

Howard Gardner membagi kecerdasan ke dalam 8 yaitu :

  1. kecerdasan linguistik/ verbal, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan penggunaan kosakata baik lisan mauoun tulisan.
  2. kecerdasan logika /matematika, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan angka-angka dan kegiatan berfikir logis yangsifatnya saintific.
  3. kecerdasan spasial, yaitu kecerdasan menggunakan imaginasi dalam memvisualkan sesuatu dengan mepermainkan warna serta dimensi. Termasuk kecerdasan ini adalah pematung, pelukis.
  4. kecerdasan kinestitik, yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan gerak badan. Misalnya Michael Jordan adalah pemain basket popular yang sangat cerdas di bidang bola basket.
  5. kecerdasan musikal, berkaitan degan musik dan ritmik. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan mampu memainkan not balok dengan mudah atau akan lebih cepat dalam belajar alat musik.
  6. Kecerdasan interpersonal, yaitu kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang pandai bergaul. Biasanya dia mampu membaca situasi atau temperamen orang sekalipun.
  7. Kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan orang untuk membaca kelebihan dan kelemahan dirinya sendiri sehingga orang ini cenderung mampu mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan dirinya.
  8. kecerdasan spiritual, yaitu kecerdasan untuk membaca ayat-ayat Illahi baik yang tersurat maupun tersirat. Tipe ini biasanya bijaksana dan agamis.

Setiap orang bisa jadi memiliki tipe kecerdasan yang berbeda satu sama lainnya, sehingga seharusnya segala tindakan yang dilakukan di sekolah dan orang tua bisa melihat perbedaan-perbedaan tersebut.

Atau bisa saja seseorang memiliki kecerdasan gabungan antara kecerdasan satu dengan yang lain. Yang terpenting adalahΒ  kita mengidentifikasi kecerdasan apa yang kita miliki dan kita mampu mengoptimalkan kecerdasan itu.

Dari delapan tipe kecerdasan menurut Gardner di atas, kita bisa melakukan tes untuk mengetahui ada di mana kecerdasan kita. Salah satunya adalah dengan mengisi kuesioner yang ada di sini.

Selamat mencoba. Salam πŸ™‚

9 thoughts on “Mengetes ‘Multiple Intelligences”

  1. bu tau gak bu.. saya dapetnya…*rahasia*…..loh~ alhamdulillah udah saya ‘coba’ kembangin semuanya, tapi mentok gitu-gitu aja loh bu. cara pengembangan yang baik gimana yah? hehe makasih bu

  2. Bu Mugi setelah saya mencoba ini saya jadi tau kemana arah saya dan memudahkan saya untuk menentukan cita-cita saya dan mengembangkan bakat yg telat saya miliki. Berarti kita gak bisa maksain ya bu kalo kita mau cerdasnya misalnya dibidang logic tapi kecerdasan kita terbatas gitu bu?

Your message