Full Day School bukan Hal yang Luar Biasa

IMG-20160421-WA0047

Mengapa begitu ?

Karena saya sudah sejak tahun 2001 mengajar di sekolah yang menganut faham FDS ini. Dengan demikian, guliran wacana yang kemudian diralat kembali oleh Mendikbud ini sebenarnya hal yang sangat biasa buat saya. Wong saya dan siswa setiap hari belajar mengajar full di sekolah, sampai sore.

Ada hal yang bisa saya bagikan kisahnya buat Anda yang belum pernah terlibat dalam sekolah full day versi sekolah saya. Pertama, program FDS memang cocok untuk sekolah-sekolah yang didominasi siswa yang memiliki orang tua yang dua-duanya bekerja. Anak yang sekolah setengah hari memiliki resiko berperilaku negatif ketika pulang dan tidak ada orang tua di rumah. Termasuk kesempatan tawuran.

Di Al Muslim, dari level TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK, semuanya pulang sore selepas Shalat Ashar. Walhasil, tidak pernah ada anak yang terlibat tawuran karena jam pulang berbeda dengan sekolah-sekolah lain.

Anak TK berbeda punya jam tidur siang, sementara SD hingga SMA tidak ada. Pada hari Jumat sore diisi dengan ekskul pramuka, sedangkan Sabtu diisi dengan ekskul pilihan sampai pukul 10 pagi. Tidak sedikit orang tua yang sekalian menjadikan sekolah sebagai “tempat penitipan anak”, karena mereka harus bekerja di luar rumah hingga sore. Tidak sedikit pula anak yang baru dijemput pukul 6 sore karena ibu bapaknya terjebak macet dari tempat kerjanya di Jakarta.

Tantangannya memang ada di sekolah. Bagaimanapun, sekolah mutlak harus punya pembelajaran yang menyenangkan yang bisa dilakukan hingga sore hari. Itupun sebaiknya didominasi oleh kegiatan praktik. Sekolah juga harus punya fasilitas yang mumpuni agar mereka nyaman seharian di sekolah.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s