PBM Pembangunan Ekonomi

Hari ini kelas XI Ekonomi 1 belajar Ekonomi dengan materi Pembangunan Ekonomi. Pertemuan pertama, siswa belajar dengan metode class tour. Langkah pertama, mereka diberikan tayangan video tentang kekayaan alam Indonesia untuk memberikan wawasan pada siswa bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Setelah tayangan selesai, siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya. Farrel mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak hal, namun kenapa masyarakatnya masih membeli dari luar negeri? Seharusnya masyarakat menghargai produk buatan dalam negeri. Menurut Rayhan Aryo, seharusnya semua kecantikan alam Indonesia diekspos agar bisa memberikan pendapatan dari sektor wirausaha. Cikao berpendapat bahwa orang Indonesia pintar-pintar dan mampu menghasilkan karya sendiri, namun sayang di dalam negeri kurang dihargai, sehingga akhirnya mereka membawa karyanya ke luar negeri.

Semua pendapat siswa dirangkum dan dikaitkan dengan pembangunan ekonomi yang dilaksanakan di Indonesia.

Saya lalu membagikan beberapa buku dari penerbit yang berbeda dan dibagikan ke setiap kelompok. Empat buah plift chart sudah dipasang di papan tulis dan diberikan judul, masing-masing adalah : pengertian pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
Tugas setiap kelompok adalah berkeliling ke setiap flipt chart dan menuliskan jawabannya yang diperoleh dari buku-buku yang mereka baca.

Setelah mereka selesai menuliskan apa yang mereka temukan dari buku-buku yang mereka baca, saya memberikan beberapa tayangan gambar yang saya ambil dari internet. Ada gambar pembangunan gedung, jalan raya, gambar hutan, gambar banjir, perumahan kumuh di bantaran kali, dan gambar anak sekolah yang melintas jembatan yang hampir putus. Pada setiap gambar, saya akan bertanya tentang apa yang terlintas dalam pikiran mereka, dihubungkan dengan pembangunan ekonomi. Saya merasa ini penting, agar anak-anak bisa melakukan asosiasi dengan benar dan pada akhirnya bisa menjelaskan apa yang mereka baca dengan pengetahuan lain yang mereka dapatkan dari sumber yang lain.

Setelah itu, siswa akan memaparkan kesimpulan dari setiap pernyataan yang tertulis di flipt chart.

 

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s