Gerakan Literasi lewat Majalah Kelas

Ini adalah majalah siswa dari kelas X Ekonomi. Jadi, di kelas X ada materi Manajemen, dan salah satu indikatornya adalah siswa memanajemeni kegiatan sekolah. Karena agak sulit mengondisikan manajemen kegiatan sekolah karena kegiatan sekolah sudah dilakukan oleh OSIS  dan mata pelajaran lain semisal Praktik Leadership, maka akhirnya saya memilih pembuatan majalah kelas. Termasuk salah satu alasannya adalah agar siswa biasa dengan kegiatan tulis menulis dan ingin menumbuhkan perasaan bangga dengan terbitnya karya mereka dari hasil usaha mereka sendiri. Menurut saya, ini merupakan bagian dari Gerakan Literasi Sekolah.

MAJALAH kelas ini dibuat oleh siswa, dari menulis, mengumpulkan tulisan, mengedit, membuat lay out, mencari percetakan, dan sebagainya, hingga majalah selesai.

Seru juga. Anak-anak jadi merasakan bagaimana membuat majalah sejak perencanaan, organizing, actuating, dan controlling. Termasuk bersusah-susah membuat lay out dan mencari percetakan yang murah.

Isi majalahnya juga unik dan seru. Yang membuat penasaran adalah tulisan-tulisan fresh yang menayangkan hal baru dan berisikan informasi terkait sekolah. Semisal, “Al Muslim Horror Stories”. I think everybody in Al Muslim want to know the places where will make us feel bravest.

Buat pemula, karya yang mereka buat ini lumayan bagus. Namun masih perlu banyak perbaikan untuk karya berikutnya, di mana saya sudah merencanakan banyak hal untuk terbitan berikutnya di level berikutnya.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s