Mengapa Buku Biografi ?

Jpeg

Buku-buku seru

Gak tahu ya, ini berawal dari pengalaman pribadi saya yang sangat menikmati banget banget banget, kisah hidup seseorang. Buat saya, cerita-cerita seperti itu bisa membangkitkan mood, bisa memberikan jawaban atas apa yang sebaiknya saya lakukan, bisa nambah referensi untuk melakukan banyak hal, bisa membangkitkan semangat, dan banyak sekali kisah-kisah orang lain yang kadang saya ingat sampai sekarang.

Biografi adalah sebuah alat penyambung pesan dan nasihat dari orang lain. Kisah susah bisalah menjadi pelajaran bagaimana orang lain lain mengatasinya, kisah sukses bisa menjadi panduan bagaimana meraihnya. Saya meminta anak-anak untuk membawa buku Biografi bukan tidak dengan tujuan, tapi ingin anak-anak mengambil kisah-kisah ini sebagai pelajaran hidup yang berharga. Susah, bahagia, seru, lucu.. itulah hidup.

Seperti sekarang, saya sedang ingin menghabiskan buku tentang Obama yang ditulis sendiri oleh Obama, Barack Obama dari Jakarta Menuju Gedung Putih. Barangkali kita lupa bahwa Obama adalah juga manusia biasa. Saya agak cekikikan sendiri ketika sedang semangat-semangatnya Obama dan sedang ngetop-ngetopnya dia dalam dunia politiknya, suatu ketika Obama ingin memberitahukan Michelle tentang pentingnya sebuah rancangan undang-undang, perdagangan senjata gelap, dan sebagainya, ketika perempuan cantik itu memotong pembicaraan mereka karena teringat sesuatu, lalu meminta Obama untuk membelikan jebakan semut karena banyak semut di rumah mereka. Obama menulis, “Saya menutup telepon, bertanya-tanya apakah Ted Kennedy atau John McCain membeli jebakan semut dalam perjalanan pulang dari tempat kerja”.

Haha.. lucu. Jadi ingat diri sendiri yang ketika jam 9 malam masih dengan seragam kerja masih nyuci baju, masih ngepel, masih nyetrika, atau masih motongin sayuran buat masak besok pagi. Kadang-kadang suami saya nyeletuk, “Guru-guru lain sedang apa ya sekarang ? apakah sama dengan gupres yang jam segini masih nyuci baju ?”, saya juga suka nyeletuk ringan, “Ada ya, ketua PSB kerjanya masak mulu ..”.

Jadi, sekarang ga usah khawatir dengan pandangan orang lain, bahwasanya Obama juga beli jebakan semut, bahwasanya gupres juga masih nyuci jam 9 malam, bahwasanya Ketua PSB juga sukanya masak, dan orang-orang sukses  juga ternyata punya kisah yang seru-seru lucu seperti itu.

Belum lagi kisah-kisah motivasi lainnya. Michelle dan Obama juga mengalami kisah susah dulu. Yang kerja masih honor, yang gaji masih bagi ke sana-sini untuk biaya macam-macam. Bahwa hidup orang-orang sukses tidak ujug-ujug jadi sukses, tapi memiliki proses yang justru dari proses itulah mereka  bertahan.

Begitulah, makanya Biografi itu seru…

Your message

