15 Menit Membaca, Sukses !

 

Sepekan sudah siswa kelas 12 IPS melakukan kegiatan membaca di awal masuk kelas sebelum pembelajaran dimulai. Wah, mendebarkan. Awalnya saya khawatir bahwa kegiatan ini tidak diminati anak-anak kelas saya, nyatanya luarrrr biasssa. Anak-anak terlihat sangat menikmati kata demi kata yang mereka baca.

Jadi begini, ketika Program Literasi Sekolah mulai dicanangkan oleh kementrian, ubun-ubun saya serasa bergolak. Ya Tuhaan.. saya bahagia sekali, kesempatan besar mengajak anak-anak memiliki kebiasaan yang sama dengan saya, sekaligus memanjakan saya dengan memberikan waktu yang sama buat saya untuk membaca. Sehingga, saya benar-benar menikmati 15 menit membaca bersama mereka. Maklumlah, kadang waktu luang serasa mewah banget saking banyaknya tugas saya sebagai guru yang harus membuat administrasi di sela-sela waktu luang. Pengen sih nambah-nambahin waktu, hanya saja takut mengganggu program belajar setelahnya. Faktanya, walau waktunya habis, beberapa anak tetap tak mau beranjak dari halaman yang mereka baca.

Karena mereka kelas 12 yang mau lepas ke dunia “sebenarnya”, maka saya berikan mereka tugas untuk membawa buku yang sama, yaitu Biografi. Biografi siapa saja, orang mana saja.. bebas. Dan, hari Senin kemarin saya jadi pengen teriak ketika melihat buku anak-anak yang bagus-bagus. Waaaw. Ada buku Muhammad, Para Sahabat Nabi, Rudi Habibie, Chairul Tanjung, Douwes Dekker, Ahok, Dahlan Iskan, Sukarno, Hatta, Mochtar Riady, dan sebagainya. Ya ampun itu buku.. kece-kece banget, jadi pengen beli buku lagi. Udah lama ga beli buku.  Saya sendiri membawa buku Barack Obama yang belum sempat terselesaikan membacanya.

Berikutnya, mereka bisa tukar buku, syukur-syukur beli lagi dan lagi. Mudah-mudahan semangat membacanya tidak luntur, sehingga pengetahuan mereka bertambah. Motivasi mereka untuk maju meningkat, semangat mereka untuk sukses mulai menyala. Sesungguhnya, masa depan ada bagi mereka yang mau belajar.

Sukses ya, anak-anakku…:)

4 thoughts on “15 Menit Membaca, Sukses !

Your message

