Pembimbing Akademik

 

 

Di SMA Al Muslim tempat saya bekerja, di sini tidak ada wali kelas. Kami menggunakan sistem Pembimbing Akademik (PA), di mana setiap PA membimbing siswa kelas x, xi, dan xii sekaligus. Anak- anak dibimbing oleh PA selama tiga tahun, dari kelas x hingga kelas xii. Ketika mereka lulus, akan diganti oleh kelas x yang baru masuk.

Alhamdulillah, selama tiga tahun saya bersama mereka, susah senang. Positifnya PA, saya lebih memahami mereka dibandingkan saya hanya membimbing mereka satu tahun saja. Merekapun lebih dekat dan terbuka. Intinya, dari sisi keakraban sistem ini bagus. Satu lagi, kami sesama PA bisa berbagi tugas yang berat, semisal dalam penanganan kelas xii yang notabene mereka perlu bimbingan individual juga untuk  persiapan UN dan masuk PTN/S, kami hanya punya 8 hingga 10 kelas xii dan itu lebih mudah mengurusnya.

Namun, karena ada sistem penilaian baru diterapkan diseantero Al Muslim di seluruh Indonesia, maka sistem ini harus diubah lagi ke dalam wali kelas agar lebih memudahkan pelaksanaan Sirawa (Sistem Rapor Siswa).

Sedih harus berpisah dengan anak-anak PA aku….

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s