5 M dalam Materi Manajemen

This slideshow requires JavaScript.

Saya sedang mengajarkan tentang manajemen di kelas X. Dalam 3 jam pelajaran sudah dilakukan :

Proses mengamati : 

  • Siswa diminta untuk membaca buku yang mereka punya tentang manajemen selama kurang lebih 3 menit. Membaca di awal pertemuan bisa membantu mengondisikan siswa yang sama sekali belum mengenal istilah atau definisi  dari materi yang akan kita bahas.
  • Siswa diberikan 3 buah video berbeda untuk mendefinisikan pengertian manajemen, tujuan manajemen, tingkatan manajemen, dan fungsi manajemen.
  • Video pertama adalah video Tari Seribu Tangan, sebuah tarian etnik yang memerlukan beberapa jumlah penari untuk menunjukkan cantiknya gerakan tangan jika dilihat dari depan.
  • Video kedua adalah Tari Saman yang juga memerlukan banyak penari. Semakin sulit gerakan yang dilakukan, dan semakin kompak gerakan penari, maka tarian ini menjadi semakin memukau.
  • Video ketiga adalah video tentang seorang peserta parade yang harus membawa papan untuk menayangkan gambar presiden yang sedang tersenyum. Karena kurang disiplin, peserta ini tidak ikut hadir dalam acara parade, sehingga ketika gambar presiden ditayangkan, giginya hilang satu.
  • Setiap video yang dipilih memiliki filosofi berbeda dan mengarah pada materi.

Proses Menanya :

  • Siswa disilakan untuk bertanya dan diberikan pertanyaan  terkait video tersebut.
  • Pertanyaan difokuskan pada pengertian manajemen, tujuan dari manajemen itu sendiri, bagaimana perilaku yang diharapkan dari orang yang dipimpin dan orang yang memimpin, serta dampak yang terjadi jika setiap orang dalam organisasi tidak dapat mengikuti arah tujuan organisasi.

Proses Mengeksplorasi dan Mengasosiasi :

  • Siswa mengumpulkan data dengan cara berdiskusi dan membaca buku mereka untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru.

Proses Mengomunikasikan:

  • Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara bergantian

Penilaian :

  • Pengetahuan : Ulangan Harian
  • Sikap Spiritual dan Sosial .Sikap spiritual ketika berdoa dan kesungguhan siswa belajar. Sikap sosial yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
  • Keterampilan : Produk : produk yang dinilai adalah papan presentasi yang dikerjakan kelompok.
Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s