Resensi Buku : Bacalah !

Jpeg

Judul : Bacalah! Menghidupkan Kembali Semangat Membaca Para Mahaguru Peradaban.

Penulis : SUherman, M.Si.

Penerbit : MQS Publishing

Dua kali sudah saya membaca buku ini. Menarik, karena di awal bab, penulis mengungkapkan sejarah masa lampau lama setelah tulisan ditemukan. Dalam perkembangannya, para cendekiawan yang kehausan dengan ilmu, mereka membaca dan membuat perpustakaan, termasuk pengelolaannya yang sudah baik. Namun, perpustakaan-perpustakaan tersebut harus hancur karena berbagai sebab. Semisal, Perpustakaan-perpustakaan di Bagdad yang dibakar tentara Mongol dan Tartar ketika mereka masuk dan menjarah kota.

Kegilaan para ulama akan buku juga begitu menggugah rasa. Dikisahkan Imam Agung Ibnu Aqil yang mengatakan bahwa saat-saat paling menyiksa adalah saat harus makan, karena begitu menyita waktu dan harus meninggalkan kitab. Tidak hanya kegiatan membaca dan belajar yang dikisahkan dalam buku ini, namun juga kemampuan menulis para ulama pada masanya.

Kegiatan membaca rupanya juga menjadi kebiasaan orang-orang terkenal masa lampau. Semisal Karl Marx, Imam Khomeini, Mahatma Gandhi, ataupun Hasan al-Banna. Terdapat juga kisah membacanya Barack Obama yang sangat memahami pentingnya membaca buku bagi kehidupan. Dari dalam negeri dikisahkan adiksinya Muhammad Hatta dan Tan Malaka terhadap buku. Dua orang cendekiawan dan pahlawan bangsa ini memiliki kisah yang tidak bisa dipisahkan dari buku.

Di akhir bab, penulis memberikan beberapa pandangan para cendekiawan Indonesia tentang budaya literasi khususnya, dan pernah diterbitkan dalam surat kabar nasional.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s