Bimtek MGMP SMA SMK se-Kabupaten Bekasi

 

12439271_10205315113578070_8232953035154181964_n.jpg

Bertempat di Hotel PrimeBiz Cikarang, Bimtek Pengurus MGMP SMA dan SMK dibuka oleh Koordinator Pengawas Dikmen, Rojali, MA., Kasi Tentis Asep Saputra, M.Pd., serta Kabid Dikmen, Asep Saefulloh, M.M.

Acara yang dihadiri oleh para pengurus MGMP SMA dan SMK se-Kabupaten Bekasi ini berlangsung dari pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore.

Dalam sambutannya, Pak Rojali mengingatkan bahwa profesi guru itu sangat strategis untuk diingat siswa. Semisal percakapan sederhana ini : “ingat tidak guru X .. yang mengajarnya bikin ngantuk ?”.. Nah, guru harus profesional dalam bekerja. Ciri guru profesional adalah guru selalu memiliki persiapan untuk mengajar.

Pak Asep Saefulloh, sebagai Kabid Dikmen mengatakan bahwa dewasa ini pemerintah sudah terlihat sangat memperhatikan nasib guru, baik dari sisi peningkatan kualitas maupun sisi kesejahteraannya. Namun, hasil UKG tahun 2015 kemarin begitu miris memberikan gambaran bahwa kualitas guru di Indonesia masih minimalis. Hasil analisis UKG, terdata bahwa 59% kabupaten dan kota di luar Jawa hasilnya di bawah standar kompetensi minimal. Guru nonPNS dan honorer memperoleh nilai UKG paling rendah. Guru sekolah swasta lebih baik hasilnya dibandingkan guru di sekolah negeri. Guru perempuan tidak lebih baik nilai UKGnya dibandingkan guru laki-laki. Nah lho ! Silahkan buat sendiri premisnya yaa..

Di sinilah pentingnya MGMP. Menurut Pak Rojali, MGMP ibarat ujung tombak perbaikan kompetensi guru, karena MGMP adalah tempat yang paling dekat dan mudah dijangkau oleh guru-guru mata pelajaran di seluruh di Indonesia. Seandainya MGMP berjalan dengan baik, maka akan berdampak baik pula pada peningkatan kompetensi guru tersebut.

Acara ini Bimtek ini dilaksanakan pada Selasa 22 Maret 2016 di PrimeBiz Cikarang dan akan dilanjutkan pada 8,9 April 2016 di Bandung.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s