The Real Nanyang Technological University

 

6285711689960-1449961718

Real, karena memang nyata-nyata Desember 2015 kemarin saya bisa berada di Nanyang Technological University (NTU). Mengunjungi kampus terbaik di Singapura ini sangat membahagiakan. Ini kampus memang benar-benar luar biasa. Selain mahasiswanya adalah mahasiswa-mahasiswa terbaik, kampus ini juga besar dan inspiratif. Semua orang terlihat sekali aura bersaing sehatnya. Semua orang di sini belajar untuk jadi yang terbaik. Pantas saja, lulusan-lulusannya diminati banyak perusahaan, dinanti banyak instansi.

Masih ingat trending topic MOS anak-anak NTU yang sempat heboh beberapa waktu lalu ? Jadi, anak-anak NTU dalam ospeknya harus membuat bahagia 30 orang dalam sehari. Yang ada, mereka menjadi relawan di stasiun, rumah sakit, dan membantu orang lain di ¬†manapun, termasuk hanya sekedar mengajak toast orang di kereta dan memberi semangat. Yang penting membuat orang-orang bahagia. Kindness Campaign. Sekelas NTU seperti itu lho… tidak perlu pakai kekerasan dan pernak pernik aneh.

Di NTU ini, kami diterima oleh anak-anak PINTU, semacam perkumpulan anak-anak Indonesia di NTU. Mereka menjelaskan seluk beluk NTU kepada siswa kami, dengan tangan terbuka. Ramah dan smart.

Foto di atas diambil di depan perpustakaan NTU, Lee Wee Nam Library, perpustakaan yang sangat bagus, besar dan lengkap.

Bukan hanya saya yang terkagum-kagum, anak-anak juga merasa terpanggil untuk kuliah di sana, hanya masalahnya, NTUnya ga manggil-manggil :). Standar nilai yang diterima cukup tinggi, tesnya juga berat. Menurut pengakuan anak-anak PINTU, banyak anak-anak Indonesia yang diterima di NTU namun memang persentasenya sedikit dibandingkan dengan anak-anak Singaporenya tentu saja. Jurusan-jurusan tertentu bahkan agak sulit ditembus anak luar Singapuran, semisal kedokteran dan bisnis.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s