Selamat Hari Guru

 

Kemarin, Medsos saya penuh dengan ucapan “Selamat Hari Guru”. Dalam hati bertanya, kenapa semua teman saya yang guru saling mengirimkan ucapan Selamat Hari Guru ya ? Jangan-jangan kami hanya saling mengucapkan selamat hari guru pada diri sendiri saja …

Jadi guru itu berat, Jendral!, tapi siapa peduli dengan “keberatan” kami ?Nanti ada yang nyeletuk lagi… Siapa suruh jadi guru ?  Di tengah hingar bingarnya perayaan hari guru, namun tetap saja semua terkesan lip service semata. Mengakui begitu beratnya beban di pundak guru, namun apa daya hanya mampu sebatas mengakui, tidak lebih. Tidak perlulah dijelaskan beratnya tuh di mana, namun jelas sekali sakitnya tuh di sini. Ih!

Di sebuah stasiun tipi, ada berita menyayat hati. Ditayangkanlah sosok seorang guru di daerah, yang berstatus guru honorer dengan honor perbulan hanya Rp. 500an ribu rupiah saja, sehingga untuk menutupi kebutuhan hidupnya yang pastilah tidak akan tertutupi, beliau menjadi buruh pemecah batu. Rob, miris banget. Saya memikirkan dan membayangkan fenomena ini begitu riilnya. Ga kebayang ya…. hari gini, yang katanya GURU dinaikkan derajatnya, masih banyak yang ternyata belum tersentuh. Saya curiga, guru yang mana yang gajinya naik ? kok saya ga naik-naik gaji inih… sudahlah, lupakan saya. Saya ini guru swasta yang alhamdulillah lebih baik nasibnya daripada Pak Guru honorer pemecah batu ini. Terus terang, saya langsung teringat Ibu Odah Saodah, seorang guru swasta yang juga hanya berpenghasilan Rp. 400ribuan saja perbulan. Itulah guru, yang kadang diremehkan dan dianggap sepele karena gajinya hanya seputar itu. Boro-boro mengumpulkan portofolio untuk jadi Guru Berprestasi, semua waktu yang tersisa dihabiskan untuk mencari penghasilan tambahan.

Namun, lebih miris lagi… setelah tayangan Guru Pemecah Batu ini, ditampilkanlah hebohnya demo buruh yang kebetulan berlangsung pada hari yang sama. Buruh berdemo untuk menentang PP No. 78 tahun 2015 kalau tidak salah, setelah konon UMPnya dinaikkan.

Sedih Saya !

 

 

 

One thought on “Selamat Hari Guru

Your message

