Yuk Berdoa…

IMG_0823

RUMPIAN berhentinya Kurtilas belum usai, lagi-lagi Pak Anies Baswedan mengeluarkan isu baru terkait tata cara berdoa yang akan diatur dengan tata tertib tersendiri. Agak mikir… kenapa sih harus direpotkan oleh seorang menteri ? Apakah selama ini telah terjadi suatu kejadian khusus gara-gara tata cara berdoa ini ? atau ada bisikan-bisikan tertentu untuk sang mentri ?

Doa itu personal, artinya itu menyangkut si pendoa dengan Yang Maha Kuasa yang dimintai permohonan. Tata caranya yang sesuai dengan keyakinan si pendoa. Doa di awal dilakukan dengan tujuan apapun pekerjaan kita, selalu menghadirkan “sosok” tuhan di dalamnya. Agar kita selamat, agar selalu terjaga dari pekerjaan yang tidak baik, agar sehat sepanjang hari, agar ujian bisa dikerjakan, dan apapun tujuan doa yang tidak harus dipaksakan. Bebas aja.

Buat saya, doa itu sangat penting. Ketidakkuasaan kita sebagai hamba yang secuil ini, kita benar-benar butuh Dia. Diajaklah siswa berdoa oleh saya, agar merekapun terbiasa memasrahkan segala hasil perjuangan dan selalu bergantung pada Dia. Dengan menghadirkanNya, diharapkan semua pekerjaan yang dilakukan siswa adalah pekerjaan baik dan Dia juga melindungi siswa. Perihal tata cara, semua orang punya tata cara sendiri dan adabnya sudah diatur oleh agama.

Alhamdulillahnya saya mengajar di sekolah Islam. Aturan dan tata caranya sesuai agama yang kami anut. Terus, harus berdoa dengan cara lain ? Plis deh. Kalaulah pergi ke negeri dengan mayoritas agama tertentu pastilah dengan tata cara dan agama tersebut. Minjem istilah Gus Dur, gitu aja kok repot. Dalam praktiknya, orang bedoa dengan caranya masing-masing sesuai dengan keyakinannya. Bukan ga penting ya, tapi aneh aja masalah seperti ini kok diributkan menteri. Yang salah itu yang tidak berdoa sepertinya, Pak.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s