How to Focus

Judul yang sama yang saya ambil dari hasil blogwalking pagi ini. Bagaimana sih agar kita tetap on dan fokus ?

Banyak cara dilakukan orang lain. Menurut saya, focus is personal. Pribadi banget alias bisa saja berbeda pada setiap orang. Di kantor saya yang agak padat isinya, kadang-kadang obrolan menjadi sangat berisik disertai dengan komentar-komentar yang saling bersahutan, sementara saya masih ingin bekerja, membaca, mengetik, mengoreksi jawaban siswa, dan sebagainya ..apa yang harus saya lakukan ? Saya hidupkan musik slow dan ambil headset. Saya dengarkan saja musiknya pelan-pelan dan tetap beraktifitas. Kalau tidak, maka saya akan larut dalam obrolan yang sama dan meninggalkan pekerjaan saya.

Pagi hari setibanya di kantor, sebaiknya segera langsung berwudhu dan shalat dhuha. Sertakan Dia pada awal pagi hingga hari berakhir agar pekerjaan kita jadi ibadah. Segera rapikan meja kerja setelahnya. Pilah mana pekerjaan yang akan dikerjakan pada hari tersebut. Susun yang rapi. Berikutnya, pisahkan tumpukan file yang sudah dikerjakan dengan yang belum pada hari itu sehingga akan terlihat berapa persen pekerjaan yang dapat dikerjakan pada hari tersebut.

Meja yang agak padat memang kadang-kadang membuat ilfill atau demotivasi, sudah terbayang pekerjaan yang menumpuk, padahal bisa jadi pekerjaan itu adalah pr dari hari ke hari yang belum selesai. Sebaiknya, siapkan persiapan mengajar sebelum hari H mengajar agar semuanya terkondisikan dengan baik. Fotokopi LKS, persiapkan media dan sebagainya jauh-jauh hari agar RPP yang sudah dibuat dapat dilaksanakan dengan baik.

Guru adalah profesi yang super sibuk karena pekerjaannya begitu padat. Kalau tidak mengajar, harus mengoreksi soal ulangan, membuat bank soal, melakukan analisa soal, membuat bahan ajar, dan sebagainya. Pasti semua guru yang melakukannya merasa jadi guru itu sangat sibuk. Jadi guru adalah sesuatu banget. Berbeda jika guru tidak melakukan apapun selain mengajar. Silahkan rasakan sendiri bedanya.

Untuk meringankan ingatan kita yang semakin menurun, jangan lupa membuat agenda mengajar dan tentu saja mengisinya setiap kita mengajar. Sesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang kita lakukan di kelas. Buat refleksi RPP setiap hari, dan jangan lupa isi daftar hadir siswa.

Siapkan air putih untuk mengurangi penguapan dan menghindarkan dari ketidakkonsentrasian akibat dehidrasi. Cemilan jangan terlalu banyak, karena selain membuat kita selalu melirik makanan-makanan tersebut juga menghilangkan sekian menit waktu yang seharusnya kita pakai untuk bekerja. Kalau tidak terlalu lapar, usahakan lupakan cemilan.

Handphone sebaiknya disenyapkan karena sekali membuka handphone, maka tidak sedikit waktu yang akan kita pakai sekaligus untuk melakukan sesuatu yang lain. Jangan lupa, never see korean movie karena efek ketagihannya akan membuat lupa pada koreksian siswa 🙂

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s