Menjadikan Lingkungan sebagai Sumber Belajar

Lingkungan adalah sumber pembelajaran yang paling mudah ditemui dan dijadikan contoh. Dia faktual dan memungkinkan siswa untuk lebih memahami materi yang sedang diajarkan.

Banyak fakta yang bisa disajikan walaupun itu terasa pahit. Kok pahit ? ya… secara… kita memang tidak bisa memaksa lingkungan akan menjadi sesuatu yang sangat baik dan selalu dijadikan contoh yang juga baik bagi siswa. Terkadang, guru juga bisa menyampaikan contoh kejadian-kejadian yang tidak baik sebagai contoh yang tidak boleh ditiru. Namun, bagaimana jika contoh jelek ini begitu mengkhawatirkan, .. kadang-kadang kita juga ikut gelisah, bagaimana kalau siswa mengikuti contoh yang tidak patut ditiru tersebut ?

Look… pada saat mengajar tentang pajak dan APBN, siswa bertanya ,”bagaimana dengan pajak yang digelapkan ?”, “Jangan-jangan uang pajak kita tidak disetor ke kas negara ?”, “untuk apa bayar pajak?”, begitu seterusnya.
Hal yang sama juga mungkin terjadi di pelajaran PKN ketika ternyata wakil-wakil rakyat berkelahi saat rapat. Ada juga yang tidur. Belakangan, ada DPR tandingan. Secara teoritik hal-hal ini mungkin tidak dipelajari di dalam buku pelajaran mereka, namun dalam praktik ini terjadi.

Itu adalah fakta yang terjadi di negeri ini dan mudah sekali didapati untuk dijadikan contoh atau terpaksa dijadikan contoh karena ada siswa yang bertanya. Baiknya, guru tidak boleh ketinggalan informasi pendukung agar bisa menjawab semua rasa penasaran siswa. Banyak membaca dan sekali-sekali jadikanlah berita-berita tersebut sebagai sumber belajar akan memberikan wawasan dan menggelitik rasa keingintahuan siswa lebih dalam.

🙂

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s