Ketika Siswa Anda terlalu Gemuk

Anda memiliki putri yang kelebihan berat badan alias gemuk ? Hati-hati membicarakan hal ini dengannya. Gemuk adalah efek dari kelebihan berat badan, dan biasanya terjadi lebih banyak pada remaja putri usia hingga 17 tahun, usia-usia SMP hingga SMA. Remaja putri memang biasanya lebih matang secara fisik dibandingkan laki-laki karena tubuh mereka lebih awal mengalami pubersitas dibandingkan anak laki-laki. Pada umumnya, anak perempuan mengalami pubersitas pada usia 10 dan 11 tahun, dua tahun lebih awal dibandingkan anak laki-laki.

Puber lebih awal dan lebih besar dari teman-teman yang lain di kelas, adalah “sesuatu banget”. Jika guru dan orang tua menganggap hal ini sesuatu yang sangat mengganggu dan membuat Anda ingin membicarakannya dengan anak Anda, tentu saja harus pembicaraan yang ringan dan tidak dalam bentuk membanding-bandingkan dengan anak perempuan seusianya yang lebih langsing atau memiliki bentuk tubuh dan berat yang ideal.

Rika (15), murid saya beberapa tahun lalu sangat stress dengan berat badan yang menurut dia “sangat banyak”. Hard diet akhirnya dia lakukan. “Tuntutan banyak pihak”, begitulah dia mengelak ketika terlihat begitu lemas karena berusaha tidak makan apapun di jam makan siang hingga esok paginya. Dia juga menderita sakit magh karena tidak jelasnya pola diet yang dia lakukan. Untunglah hal ini tidak berlangsung lama setelah dia mau menerima saran dan beberapa pandangan tentang pubersitas dan dampaknya pada tubuh. Masih untung dia tidak menderita bulimia seperti Lady Di. Early maturation is associated with emotional difficulties such as depression, anxiety and eating disorders (Steinberg, 2005).

Hal berbeda dilakukan Melissa, Tina, dan kawan-kawannya yang mengatur pola makan mereka bersama-sama. Pada saat istirahat pagi, mereka memakan buah-buahan dan sayur, begitupun sore hari. Ternyata diet bareng ini salah satu taktik agar diet lebih mudah dan terkontrol. Menurut Melissa, “mama mendukung program ini, bahkan menyiapkan semua perbekalan dietnya setiap hari”.

Secara wajar, biasanya remaja putri akan lebih bisa memanage berat badannya, pola makannya, atau melakukan beberapa hal untuk menjaga hal tersebut ketika mereka mulai memasuki bangku kuliah.
Jadi, begitulah anak-anak tumbuh dan dewasa. Jangan lupa, yang juga penting adalah menjaga akhlaknya agar selalu solihah 🙂

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s