Beginilah BPJS Kelas Rakyat Jelata

bpjs

Untuk ke sekian kalinya saya berobat dengan jasa BPJS. Hmmm .. hmmm… hmmm.. sesuatu banget. Nggemesin. Diberilah saya rujukan untuk cek lab. “Ibu tunggu saja di ruang tunggu, nanti saya panggil ya, Bu”, demikian perawat memberi petunjuk. Baiklah. Selang berapa lama, saya dipanggilnya. Rupanya, cek lab yang diminta dokter terlalu banyak untuk BPJS. “Ini kebanyakan, Bu. Jadi untuk memperingan ibu, cek labnya saya bagi tiga kali. Selang tiga hari tiga hari”. Walhasil, kemarin saya cek lab, Senin esok saya cek lab, tiga hari kemudian cek lab kembali. Itupun ternyata masih harus bayar karena BPJS hanya mengcover seharga Rp. 66.000an kalo ga salah. Kemarin bayar tambahan 18an ribu, cek lab terakhir nanti bayar 78ribuan. Weleh. Bisa cancel ga siih ? Ga bisa, karena begitulah sistemnya. “Kalo ga mau ribet emang mendingan ke RS swasta aja sekalian dari awal,” kata seorang teman. Tapi, apa gunanya BPJS kalo kita punya dan ga pernah dipake ? Apalagi kita membayarnya setiap bulan.

Kemarin ibu mertua saya dirawat dengan BPJS kelas dua, sehari kami menebus obat seharga kurang lebih 300ribuan. Gile. Mahal bingits kan? Kata dokternya memang banyak obat yang sekarang tuh tidak dicover BPJS. Di sebuah resep bahkan ada satu jenis obat yang tidak diberikan. Dokternya juga geleng-geleng kepala. Obat yang justru penting tapi tidak diberikan. Apakah obat itu tidak dicover BPJS juga ? Ga tau deeeh.

Sumpeh, saya bingung dengan cara kerja BPJS.

gambar dari http://health.liputan6.com/read/2082745/kurangnya-rs-swasta-yang-gabung-bpjs-berimbas-pada-antrean-pasien

Your message

