Bulir-Bulir Merica Palsu

2014-03-29 20.31.16

Gambar di atas adalah gambar merica yang saya ambil beberapa waktu lalu ketika saya menemukan bahwa merica yang saya beli ternyata palsu ! Kok bisa ya merica palsu ? Itulah pertanyaan saya waktu itu. Merica yang segede uprit itu harus dipalsukan ? Rajin bener bulet-buletinnya. Hebat orang-orang ini cari penghasilan. Berbagai cara dilakukannya.

Pasalnya, harga merica sebagai bumbu dapur dan obat ini memang bukan tergolong murah. Saya bahkan membeli yang palsu dengan harga merica asli. Saya telah tertipu. Mungkin, karena tergiur keuntungan yang besar jika berhasil memasarkan yang palsu, maka terciptalah merica bo’ongan alias aspal ini.

Bentuknya memang samar antara yang palsu dengan yang asli karena sudah dicampur menjadi satu. Ketika saya coba pisahkan, yang asli hanya ada kurang lebih seperempatnya. Awalnya tentu saja saya tidak menduga itu palsu. Kejanggalan ini diketahui ketika merica tersebut diulek. Lah kok bentuknya aneh dan hasilnya seperti tepung ? Mungkin dia dibuat dari tepung terigu atau kanji. Merica palsu ini lebih halus permukaannya dan lebih putih dibandingkan merica asli.

Selidik punya selidik, baca punya baca, ternyata di Dusun Kenongo (Jawa Tengah mungkin ya), terdapat sebuah desa yang warganya memiliki mata pencaharian sebagai pembuat dan pengepul merica palsu ini. Parrah ! Silahkan baca info lengkapnya di sini.

Pertanyaan untuk kelas X : Analisislah tautan berita di bagian akhir tulisan ini dan tulislah deskripsi ekonomi yang tampak, ekonomi terapannya, dan termasuk bahasan ekonomi mikro atau makro peristiwa tersebut. Jangan lupa memberikan penjelasan atas jawabanmu !

Your message

