RIP : Moral Guru dan Kepsek

 

Terbayang tidak, jika kunci UN yang 20 paket soal itu bocor, kira-kira siapa yang membocorkan ? Apakah mungkin siswa atau seorang guru ? Saya tidak yakin mereka. Tidak mungkin. Dari dulu ketika heboh soal UN bocor, saya selalu bertanya dalam hati, kok bisa? Kalau kami para pengawas UN, hanya menerima soal yang masih disegel. Maka, tidak mungkin pengawas yang hanya bisa melihat soal pada saat amplop soal dibuka. Pastilah ini perbuatan orang-orang yang dekat dengan soal.

Lalu, ketika heboh kasus 70 kepala sekolah dan guru di Lamongan mencuri soal lalu mengedarkan kunci jawaban UN, pertanyaan saya mulai terjawab. Ini kejahatan para pejabat sekolah yang pasti menyuruh gurunya (pake SK ga ya?) untuk membuat kunci jawaban dan membagikannya kepada siswa. Syukurlah kejahatan ini terkuak. Mereka tidak sadar kejahatan ini akan membawa dampak domino pada hal-hal lain.

Perguruan tinggi pastilah mulai ragu, kelulusan siswa SMA merupakan kelulusan murni atau tidak ? Nilai-nilai raport tinggi begitupun nilai UN. Coba bayangkan, nilai UN luar biasa, tapi nillai uji kompetensi  guru kecil-kecil. Berbanding terbalik kan ? Lalu, siswa pinter dari mana ? Pinter sendiri ? LALU muncullah soal-soal susah, tapi siswa tidak bisa menjawab. Mereka menjerit : Suusaaaaaaahhhhh (gaya Tarzan)…saya jadi penasaran dan ingin cepet-cepet lihat nilai UN tahun ini. Kalao susah tapi nilainya masih gede-gede, wah.. mencurigakan nih. Jadi curigation… (#gaya licik gitu. Alis angkat satu)

Miris ya ketika siswa tidak boleh menyontek, tapi guru dan kepsek menyediakan jawaban UN. Ga sadar, inilah kejahatan yang kira-kira akan dilakukan generasi sekarang nantinya. Tapi bagaimana kalau kejahatannya lebih hebat ? Menyedihkan. RIP: Moral Pendidik 😦

 

 

Advertisements

One thought on “RIP : Moral Guru dan Kepsek

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s