Dilema Outsourcing di Sekolah

 

Kasus pelecehan seksual di Jakarta International School (JIS) kembali menohok sistem pendidikan di negeri ini. Bagaimana tidak, sekolah yang berdiri dari tahun 90-an itu ternyata tidak berizin Depdikbud. Lah, bukankah sekolah itu kelihatan alias tampak adanya ? Apa ga pernah ada yang ngeh bahwa sekolah itu berdiri tanpa izin ?

JIS itu sekolah mahal, pasti itu. Sekolah yang sebagian siswa dan gurunya ekspatriat ini ternyata mengambil pegawai kebersihan dan para OB dari jasa penyedia tenaga kerja alias outsourcing. Mungkin dari sisi kepraktisan pengangkatan pegawai semodel ini bisa dipahami, namun megingat sekolah merupakan lingkaran pembinaan akhlak dan mental siswa yang harus dilakukan oleh semua lini dari yang paling rendah sampai yang paling atas, maka sepertinya outsourcing menjadi hal paling aneh yang bisa dimaklumi.

Ketika anak-anak SMA kelas dua tahun lalu melakukan googling tentang apa itu outsourcing terkait materi pembelajaran ketenagakerjaan, mereka bilang, “Bu, tenaga outsourching ini tenaga kontrak yang tunduk pada siapa ?”. Hebat ya pertanyaannya? Ketika dia disewa oleh sebuah perusahaan, tentu saja dia tunduk pada perusahaan tersebut plus dia juga masih punya kewajiban tunduk pada perusahaan pemilik jasanya. Tapi kalau kita membayangkan seorang OB atau guru sekalipun dan dia outsourcing, siapa yang bisa menjamin orang-orang yang terlibat dalam pendidikan tetapi tenaganya merupakan tenaga kontrak lalu siap sedia tetap menanamkan nilai-nilai yang diajarkan guru-guru lain yang bukan outsourcing ? Apalagi orang yang sudah tahu dia beberapa bulan lagi akan berakhir masa kerjanya, siapa yang menjamin dia akan tetap bekerja dengan penuh tanggung jawab ?

Terkait keamanan dan kualitas pembelajaran, tentu saja saya setuju jika pegawai dan guru adalah bukan outsourcing.

 

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s