Merdeka, Kartini !

 

Hari ini hampir semua unit sekolah di tempat saya mengajar merayakan Hari Kartini. Semua kaum wanita berkebaya, laki-laki berbatik ria. Unit SD dan SMK mengadakan karnaval, keliling kompleks yayasan.  Siswa SMA berkebaya dan berbatik sepanjang hari. Unit SMP menggelar Pentas Seni. Hari ini anak-anak bergembira.

Nun jauh di Jepara sana, dulu Kartini tidak bisa begini. Dia rindu sekolah tinggi, walaupun dia bisa mengakses informasi dari banyak buku, majalah, dan bisa juga sekolah, namun Kartini tidak suka adat mengukung wanita. Kartini sendiri pasrah dinikahkan di usia muda lalu meninggal pasca melahirkan di usia 25 tahun.

Ada satu gaya Kartini yang saya suka sekali, yaitu semangat literasinya. Kartini membaca dan menulis. Seharusnya semangat ini juga yang digelontorkan di sekolah-sekolah. Kartini jaman sekarang harus lebih pintar dari Kartini sesungguhnya. Jaman sekarang akses sekolah bagi perempuan begitu mudahnya, jadi ayo sekolah yang tinggi. Kartini sekarang harus bisa mengangkat derajat diri sendiri dan keluarga. Siapa lagi yang akan membebaskan keluarga kita dari kebodohan kalau bukan Kartini-kartini keluarga ? Jadi Kartini, ga usah alay lagi. Ga usah jadi cabe-cabean. Rajinlah membaca dan menulis. Jadilah kartini yang merdeka!

Advertisements

2 thoughts on “Merdeka, Kartini !

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s