Soal UN 2014 Diakui Lebih Sulit

 

tweet un

Kok Pak Nuh ga bilang-bilang sebelumnya bahwa soal-soal Ujian Nasional itu juga untuk mengukur kemampuan standar internasional Pa? Pantesan saja, anak-anak “menjerit”… karena merasa soal-soalnya diciptakan untuk menghancurkan masa depannya.

Hampir semua guru bidang study yang diUNkan di sekolah saya juga mengakui tingkat kesulitan soal UN 2014 ini memang lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, banyak prediksi model soal yang keluar sama sekali tidak sama dengan soal yang muncul. Ketika anak-anak mengeluh dengan tingkat yang sama, artinya yang terjadi di Bimbelpun kkurang lebih sama. Tidak mempersiapkan soal yang lebih sulit semodel yang tahun ini.

Pak Teuku Ramli Zakaria, dosen saya di UHAMKA, yang juga anggota BSNP mengatakan bahwa tahun depan bisa jadi tingkat kesulitan soal UN akan lebih sulit lagi karena adanya wacana menjadikan nilai UN sebagai salah satu komponen sebagai tes masuk PTN.

Kembali ke UN, saya jadi agak heran. UN itu kan ujian yang mengukur bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan sekaligus kualitas pendidikan selama di SMA, jadi sifatnya evaluatif dan dia merupakan tes sumatif, yang mengukur keberhasilan pencapaian target pembelajaran selama SMA. Artinya, materi yang dikeluarkan adalah materi yang harus sama dengan yang dipelajari. Sedangkan kalau kita perhatikan soal sekelas SNMPTN, adalah soal yang dia kadang tidak dipelajari di sekolah. Jadi, bukan untuk evaluasi, namun untuk seleksi.

 

 

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s