Seru-seruan Proses Mengamati

 

Kurikulum 2013 memuat langkah-langkah saintific dalam pembelajaran, seperti mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan  mengomunikasikan.

Sering kali guru kehabisan ide untuk melakukan banyak hal dalam proses demi prosesnya. Seiring waktu berjalan, ternyata proses mengamati bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti pada gambar-gambar berikut :

1. Guru sudah menyiapkan board yang di dalamnya terdapat materi yang ingin diamati. Buatlah beberapa board yang berbeda dan siswa bisa “jalan-jalan” berkeliling melihat-lihat materi yang dimaksud.

2014-01-13 11.25.24

2014-01-13 11.25.29

2. Kalau siswa dan guru siap, biarkan siswa membuka smartphonenya atau laptop berinternet untuk mengamati tulisan atau gambar yang guru telah siapkan linknya sebelumnya. Hal ini untuk mempermudah siswa mencari sehingga mempersingkat waktu.

2014-01-06 14.57.17

3. Siswa bisa juga diberikan tayangan video pendek yang sudah disiapkan oleh guru.

2014-01-08 14.40.34

4. Berikan siswa artikel-artikel dari koran atau internet

 

2014-02-13 09.21.00

Nah, ternyata banyak ya variasi kegiatan “mengamati” itu. Yuk, tambahkan yang lain 🙂

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s