Kurikulum 2013 (Tetep) Rasa KTSP

 

Di sekolah saya sedang musim supervisi. Ada dua macam supervisi yang dilakukan, pertama biasanya supervisi klinis oleh manajemen sekolah di awal semester pertama. Kedua, supervisi penilaian oleh manajemen sekolah dan manajemen yayasan. Sehingga, kalau dihitung-hitung, total supervisi yang dilakukan pada setiap guru di sekolah kami adalah kurang lebih lima kali. Minimal dua kali di semester pertama dan minimal tiga kali di semester kedua.

Kemarin, kepala sekolah buka kartu, ternyata masih banyak guru yang tetap saja dengan versi lama, teacher centered. Pendekatan ini memang paling banyak diminati guru apalagi yang merasa waktu yang dibutuhkan untuk student centered itu sangat lama padahal guru dibatasi waktu. Masalah kedua, guru belum mampu menerapkan saintific method alias metode-metode ilmiah dalam pembelajaran. Tetap tanpa proses mengamati, bertanya, eksplorasi, asosiasi, dan mengkomunikasikan kembali. Kesimpulannya, sekolah sudah mengakui menggunakan K13 tapi rasanya di lapangan (kelas,red) adalah tetep rasa KTSP.

Advertisements

One thought on “Kurikulum 2013 (Tetep) Rasa KTSP

  1. Asaalamualaikum bu.
    Sebearnya saya kurang paham, kenapa sih sekolah kita harus pakai K13, padahal dari segi kesiapan para guru dan kemampuan murid saja sudah terlihat sangat tidak mungkin untuk menggunakan K13, namun mengapa masih saja menggunakan K13.
    Kita bahkan sama-sama tahu, banyak sekolah tetangga, bahkan SMA Negeri sekalipun tidak sanggup dan akhirnya mengundurkan diri dalam program K13 ini. Lalu kenapa tidak kita sudahi saja menggunakan K13, saya jadi merasa sebagai korban percobaan kurikulum pendidikan di Indonesia (sampai 2 kali)

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s