5M dalam Belajar OJK di Kelas Ekonomi

Materi pada Kurikulum 2013 terus berjalan, dan sampailah Pelajaran Ekonomi Kelas X ini pada Kompetensi Dasar (KD) : Menyajikan peran dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, Bank Sentral ldan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kali ini materi sampai pada pembahasan tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Belum banyak buku yang membahas tentang OJK karena ini merupakan materi baru yang disisipkan di K13, setelah sebelumnya hanya membahas Bank dan Pasar Modal untuk materi terkait. Untuk melengkapai pengetahuan, guru bisa membuka website resmi OJK di http://www.ojk.go.id/ sebelum mengajar. Jangan lupa, karena terkait dengan bahasan Bank Indonesia sebelumnya, bacalah juga website BI di http://www.bi.go.id.

website OJK

website OJK

Website BI

Website BI

OJK pada dasarnya hadir untuk lebih membuat Bank Indonesia lebih mudah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dengan begitu, tiga bidang tugas yang semula diampu BI sekarang hanya tinggal dua, sisanya terkait pengawasan perbankan dan lembaga keuangan nonbank dipegang oleh OJK.

Tugas BI

Tugas BI

5 M dalam Belajar OJK

Mengingat K13 telah mengamanatkan scientific method atau metode ilmiah dalam proses pembelajaran, maka mari kita belajar membuat rencana menjadi kenyataan dengan 5M yang dimaksud.

  1. Mengamati
  2. Menanya
  3. Mengeksplorasi
  4. Mengasosiasi
  5. Mengomunikasikan

Dalam mengamati, kali ini saya meminta siswa ke perpustakaan dan mencari artikel berbau OJK dari koran-koran bekas yang teronggok manis di pojokan. Setiap kelompok berkewajiban menemukannya satu buah saja. Setelah baca-baca, isu OJK memang sedang sering muncul di koran. Lagi booming dan lagi hot, mungkin karena pekerjaan sedang sibuk-sibuknya membenahi masalah perbankan di Indonesia.

artikel hassil pencarian siswa

artikel hasil pencarian siswa

artikel temuan siswa

artikel temuan siswa

Dari artikel yang ditemukan tersebut, siswa lalu mengamati dengan cara membaca artikel yang mereka temukan. Mintalah siswa kemudian membuat pertanyaan dari artikel yang mereka baca. Saya membatasi pada satu pertanyaan saja untuk satu kelompok. Walhasil pertanyaan berpusat pada apa sih OJK itu ? Tugasnya seperti apa ? Apa peranannya bagi perkembangan perbankan di Indonesia ? Apa hubungan OJK dengan BI ? Siapakah pimpinan OJK ? Kasus-kasus apa yang ditangani OJK ? dan seterusnya.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, setiap kelompok siswa diberikan tugas untuk mengeksplorasinya dalam artikel mereka. Siswa mengumpulkan jawaban dari artikel-artikel yang berbeda. Ini kekuatannya, nanti setiap kelompok akan memberikan jawaban yang juga berbeda.

Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan, dan mereka lalu diberikan papan presentasi, atau dulu sih biasanya proses ini menggunakan flip chart. Mereka mengasosiasikan dengan cara berdiskusi dan menuliskan jawaban dalam papan presentasi atau plif chart.

Setelah selesai proses ini, setiap perwakilan kelompok mempresentasikan temuannya di muka kelas. Inilah kegiatan mengomunikasikan yang dinanti-nanti. Setiap kelompok akan menemukan jawaban yang berbeda. Peran guru selanjutnya adalah mengajak siswa menyimpulkan dari perbedaan-perbedaan tersebut ke dalam satu jawaban.

Selesailah tugas mengajar OJK kali ini dengan menggunakan metode ilmiah yang tidak meninggalkan peran serta siswa untuk mencari jawabannya sendiri.

Advertisements

2 thoughts on “5M dalam Belajar OJK di Kelas Ekonomi

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s