Si Manyin

 

Saya langsung mengembangkan senyuman ke arah anak muda kurus dengan rambut berantakan. Manyin ! Menyebrang jalan sambil terus tersenyum menghampiri saya.

Anak muda ini dulunya siswa saya dan sekarang sudah kuliah di Yogya. Jurusan Akuntansi. Sepertinya dia benar-benar jatuh cinta sama pelajaran yang saya ampu ini. Saya tidak tahu sejarahnya mengapa namanya berubah jadi Manyin.

Terus terang ya, dulu saya sebel banget sama makhluk cengengesan semodel Manyin ini. Anaknya bikin sewot selalu. Ngeyel, ga bisa dikasih tahu yang baik-baik. Kalau kita bicara satu kalimat, dia akan menimpali sepuluh kalimat.  Cengengesan doang bisanya. Pokoknya Manyin ga banget deh !

Tapi lama-lama kok ada sesuatu yang lain. Saya menemukan dia berubah ketika bertemu Akuntansi. Sebuah pelajaran rumit yang mengasyikkan. Pelajaran susah yang butuh seni untuk menyelesaikannya. Rumit dan susah ini adalah istilah yang saya ambil dari siswa-siswa yang gagal suka (alias ga bisa ) sama Akuntansi, hehe. Manyin itu anak yang cerdas ternyata. Sepertinya sikap nyebelinnya adalah sebuah bentuk pencarian identitas diri. Hasyiikk. Dia jadi sangat keren karena suka dan bisa Akuntansi. Dia juga sepertinya takluk sama pelajaran yang satu ini, apalagi sama gurunya. (Hehe… ayo ngaku, Manyin).

Begitulah, saya jadi suka kangen sama kehadirannya walaupun sikapnya teteup saja ngeselin, tapi setidaknya, pada akhir masa-masa SMAnya, dia sangat memberi arti dengan perubahan-perubahan yang dia berikan. Tidak lagi suka dihukum sama Pa Didin dan Bu Reni, dan tidak lagi disebut-sebut sebagai anak yang nyebelin.

Peace, Manyin. Sukses terus ya !

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s