Bimbel

 

Pernah tidak terpikir betapa beratnya beban anak-anak kita di semester genap ini, apalagi menjelang Ujian Nasional? Sepulang sekolah pukul 04 .00 sore mereka harus bersiap kembali menggali ilmu di lembaga-lembaga pendidikan,  disingkat : bimbel. Ada yang pulang hingga pukul 10.00 malam. Esoknya harus kembali masuk sekolah. Entahlah ya.. masih semangat tidak sekolah full day-nya? Bisa jadi didominasi kantuk yang masih tersisa.

Saya pernah menyarankan agar mereka tidak ikut bimbel di luar jika memang tidak siap. Pasalnya, selain biaya bimbel yang jutaan rupiah, konsekuensi lain juga harus dihadapi : kesehatan, waktu yang terpakai, dan kondisi sekolah formal esok harinya. Belum lagi, di sekolah juga diadakan bimbingan khusus menghadapi UN ini. Plus, jam tambahan khusus untuk pelajaran-pelajaran UN ini. Kurang apalagi sih ?

“Saya tidak pede, Bu”, kata seorang ibu yang anaknya bimbel hingga malam. “Perasaan gimanaaa gitu kalau anak saya tidak ikut bimbel. Soalnya teman-temannya bimbel semua”.

Ya, sudahlah.., semoga UN segera berlalu. 🙂

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s