Rahasia Pelukan

sweetyzhanieyz83.blogspot.com

sweetyzhanieyz83.blogspot.com

Saya sedang membaca buku “Children Are From Heaven” karangan John Gray, Ph.D. Bukunya keren karena memberikan arti banyak buat saya sebagai ibu dan sebagai guru.

Di bab 8, temanya Kemahiran Baru untuk Tetap Memegang Kendali, tertulislah di halaman 178 tentang Memeluk Ayah. Ternyata isinya tentang dampak dahsyat sebuah pelukan. Pelukan, menurut Gray, bisa menimbulkan rasa hangatnya hubungan dengan seseorang. Siapa saja, tentu saja yang kita kenal atau memiliki hubungan emosi apapun dengan kita.

Bahkan, dalam sebuah seminar Mengenal Hubungan Gray, salah satu latihannya adalah  belajar memeluk orang. Sedahsyat itukah pelukan sampai-sampai dalam seminar harus dilatih ? Dan jawabannya adalah iya.  Yang saya rasakan, selain merasakan hangatnya hubungan, pelukan juga menguatkan dan membahagiakan. Ternyata,  Gray menambahkan bahwa pelukan membutuhan keikhlasan antara dua pihak. Yang memeluk dan yang dipeluk.

Gray mengisahkan bahwa teman-temannya merasakan kehangatan ayah Gray ketika mereka memeluknya. Ayah Gray sangat ramah dan baik. Teman-teman Gray suka. Tapi mengapa Gray tidak bisa merasakan kehangatan itu berapakalipun pelukan yang dilakukannya pada sang ayah. Ternyata “ada dinding” pemisah yang Gray rasakan akibat hubungan yang tidak baik dengan sang ayah di waktu Gray kecil. Ayah suka memukul, mengambil barang-barang, dan sebagainya. Akibatnya, sebuah perasaan takut bersemayam abadi dalam diri Gray. Perasaan inilah yang membuat dinding itu sebagai jarak yang tidak menghangatkan sebuah pelukan.

Yuk, perbaiki komunikasi dengan anak-anak dan siswa kita agar pelukan kita punya makna. 🙂

(Jadi kangen sama Zaidan Rahman, Akhdan Mumtaz, Fardhan Hanif, Alisha Hafizhah, dan semua siswa saya. Peluuuk 🙂 )

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s