When Daddy Dies

Saya masih ingat benar soundtrack film remaja Beverly Hills 90210 yang booming ketika saya duduk di bangku SMA. Judulnya I can’t cry hard enough. Hari ini saya menontonnya di Youtube, dan ternyata saya menemukan episode di mana ayahnya Dylan meninggal. Ini episode yang paling sedih, karena di tahun yang samapun bapak saya meninggal. Jadi, kesan ditinggal ayah adalah kesan sedih yang amat dalam buat saya dan buat siapapun. Dylan termasuk di dalamnya.

Ada satu hal yang saya suka dari hubungan Dylan dan ayahnya yang bisa dilihat di video pertama. Akrab, dekat, dan seperti sahabat. Itu yang tidak saya dapatkan dari hubungan saya dan bapak saya. Tapi saya sangat sedih loh kehilangan bapak walaupun bapak saya tidak sama dengan bapaknya Dyllan. Satu hal yang saya yakini, bagaimanapun ayah memperlakukan kita, kehilangannya pasti membawa luka. Itupun yang kadang terjadi pada anak-anak didik saya, atau suatu ketika terjadi pada anak kita ? (Ooh.. jangan )

Setegar apapun Junia, atau Mila, atau siapapun, pastilah perasaannya sama dengan saya ketika ditinggal bapak. Mila, malah, ayahnya meninggal sehari setelah pembagian raport. Seperti biasa, sang ayah menitipkan Mila untuk saya didik di sekolah sama seperti anak saya sendiri. Siapa nyana, esok pagi Mila terisak ketika menelepon ,” Ibuuu… Ayah meninggal…”. Milapun menjadi yatim piatu.

Ditinggal ibu juga pastilah sama. Siapa yang menyediakan sarapan tiap pagi lagi ? siapa yang dengan lembut membangunkan tiap pagi ? Siapa yang membantu mencarikan seragam sekolah kalau ternyata belum disetrika ? Siapa yang bisa jadi pelipur lara ? Duuh… pastilah dunia terasa begitu hancur tanpa sosok tegar ibu.

Dan yakinlah Bapak Ibu, setiap kepergian orang tua pasti akan membuat setiap anak berbeda dan berubah. Mereka lebih sensitif dan lebih memilih “menyendiri”, sebagian terlihat seperti “cari sensasi mulu”. Sebenarnya mereka butuh sosok-sosok orang tuanya dalam kehadiran bapak ibu gurunya. Tak usah ditanya, mereka pasti kangen ibu bapaknya. 🙂

 

Your message

