Semangat Olimpisme sebagai Alternatif Pendidikan Karakter

primaedutama 1

PrimaEdutama kembali mengadakan seminar dengan tema “Semangat Olimpisme sebagai Alteratif Pendidikan Karakter”.

Semangat Olimpisme merupakan akar yang beradal dari olimpisme itu sendiri. Olimpisme adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani (badan yang sehat) dan rohani (kemauan, moral dan kecerdasan) serta mengharmonikan antara kehidupan keolahragaan, kebudayaan dan pendidikan. Dengan demikian dapat diciptakan keselarasan kehidupan yang didasarkan pada kebahagiaan dan usaha yang mulia, nilai nilai pendidikan yang baik dan penghargaan pada prinsip-prinsip etika yang  baik pula. Ingat Olimpiade yang sejarahnya dimulai di Yunani dulu ? Itulah awal mula semangat Olimpisme muncul.

Visi Olimpisme adalah menempatkan olahraga di mana saja sebagai wahana  pembentukan manusia secara utuh yang harmonis dalam  usaha  membangun suatu masyarakat yang damai dengan saling menghormati. Untuk kepentingan ini gerakan olahraga berusaha secara sendiri-sendiri ataupun bekerjasama dengan organisasi yang terkait menciptakan kegiatan-kegiatan dalam usaha membangun perdamaian yang abadi.

Memang benar, arah pikirnya diawali dari semangat bertanding di dalam olahraga. Lalu, bagaimana jika semangat ini kita tarik menjadi pembakar bara dalam mendidik anak-anak kita ? Hmm… apakah hanya untuk olahraga ?

Ada tiga basic living value dalam olimpisme yang sejalan dengan bagaimana kita mendidik siswa di sekolah. Tiga tersebut adalah :

  1.   Living Excellence (Selalu berusaha menampilkan dan memberikan yang terbaik dari diri kita
  2.    Living Respect (Saling menghargai antar umat manusia)
  3.   Living Friendship (Saling menumbuhkan rasa persahabatan dengan siapapun tanpa pandang bulu)

Semangat Olimpisme ini akan ditularkan oleh Dr. Sony Teguh Trilaksono (Ketua Komite Olimpiade Indonesia) yang juga Dosen UNJ.

Lalu, PrimaEdutama juga membawa Mas Taufik Effendi, seorang tunanetra yang ternyata sudah memperoleh 8 beasiswa ke luar negeri. Luar Biasa kan ??

Nah, satu lagi yang tak kalah seru adalah penampilan Omjay atau Pak Wijaya Kusumah, seorang guru Blogger yang sudah malang melintang di dunia menulis PTK yang diperlukan guru.

Kalau penasaran, silahkan datang pada Sabtu, 30 Nopember 2013 di SMPN 1 Tambun Selatan. 🙂

Advertisements

One thought on “Semangat Olimpisme sebagai Alternatif Pendidikan Karakter

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s