Wyn Sargent dan Penelitian Kualitatifnya di Papua

 

 

Ketika menyinggung tentang penelitian kualitatif, Prof. Sofyan Saad selalu menyebutkan  kisah menikahnya seorang bule Amerika dengan seorang kepala suku di Papua. Rasa penasaranpun menjalari saya, apa sih yang dilakukan si bule ? Satu tulisan kompasianer Narila Putri saya ringkas sebagai berikut :

Wyn Sargent, jurnalis asal California Amerika Serikat, tiba di Wamena sekitar tahun 1973. Dia tertarik pada kehidupan suku-suku adat warga setempat. Berbagai cara dia lakukan, yang penting dia mendapatkan hal-hal menarik untuk dia reposrtasekan. Wyn akhirnya menawarkan perawatan kesehatan pada warga. Namun perjuangan Wyn tidak disukai Obahorok, seorang kepala suku Dani di Lembah Baliem. Obahorok mengutus 30 orang prajuritnya untuk mencegat rombongan Wyn. Tindakan Obahorok ditentang oleh suku Analaga dna Wiyogoba yang akhirnya hampir mengakibatkan perang suku. Untuk mencegah hal ini, Wyn akhirnya menawarkan diri untuk menikahi sang kepala suku. Pernikahan segera berlangsung. Wyn menjadi salah satu istri Obahorok dari ke 40-an istrinya yang lain.

Rupanya, menjadi istri kepala suku membuat Wyn otomatis berubah status menjadi peneliti participant. Langsung meneliti ke tempat asalnya. Wyn mempelajari banyak hal dari kehidupan kepala suku dan warganya. Termasuk kehidupan seksual seorang Obahorok yang tentu saja beristri banyak.

Penelitian yang dilakukan Wyn adalah penelitian kualitatif, karena dia sendiri terlibat langsung mengamati proses yang terjadi di sana.

Berbagai pendapat lalu menyudutkan Wyn. Dari issue penyebaran misi agama, hingga ketidaketisannya menjadi partisipan dalam penelitiannya di kehidupan kepala suku Obaliem. Akhirnya Wyn dideportase.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s