Cara Mengunjungi Istana Bogor

 

Pekan kemarin saya survey ke Istana dan Kebun Raya Bogor terkait rencana kunjungan ke sana. Ternyata untuk masuk ke Istana Bogor sangat mudah. Awalnya, saya terlebih dahulu membaca  Prosedur Tetap (Protap) tentang Pelayanan Kunjungan masyarakat ke Istana-Istana Presiden (Program Istana untuk Rakyat). Dari Protap inilah saya mendapatkan nomor telepon  Rumah Tangga Kepresidenan di nomor  (021) 23545001 ext. 7171, 7276.

Protap menjelaskan prosedur dan tata cara kunjungan dengan sangat jelas. Kita juga bisa berkunjung ke istana-istana presiden di daerah, seperti Istana Bogor atau Tampaksiring. Caranya, menurut Protap, kita harus menuliskan surat permohonan ijin kunjungan ke biro kepresidenan dengan nomor fax  (021) 3442224 atau diantar langsung. Awalnya, kami berencana mengunjungi Istana Negara di Jakarta, namun ternyata kunjungan hanya bisa dilakukan Sabtu dan Minggu. Akhirnya kami diberi nomor Istana Bogor (0251) 8321001. Informasi yang diberikan, ternyata kunjungan setiap hari dari Senin hingga Senin lagi, kecuali Jumat. Artinya sejauh ini kami hanya bisa mengunjungi istana Bogor yang bisa dikunjungi di hari efektif belajar. Dan, surat permohonan kunjunganpun bisa langsung dilayangkan ke Kepala Istana Bogor tanpa harus ke Biro Kepresidenan di Jakarta.

Dalam surat permohonan, jangan lupa tuliskan waktu kunjungan. Menurut keterangan yang didapat, satu sesi kunjungan bisa berlangsung 1 hingga 1,5 jam. Dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Tuliskan saja jam berapa kita ingin datang. Lampirkan nama-nama siswa dan guru yang akan turut bertandang. Minimal 1 pekan surat permohonan ijin kunjungan harus sudah diterima Kepala Istana. Jangan lupa juga tuliskan nomor kontak kita, dan tiga hari sebelum kunjungan, sebaiknya kita konfirmasi ke Istana kembali karena istana bisa dengan tiba-tiba mengalihkan atau membatalkan kunjungan jika ternyata ada agenda pada hari itu. Surat bisa diantar langsung atau di fax ke nomor (0251) 8328172.

Tidak ada batasan jumlah pengunjung rombongan, hanya saja, minimal sekali mereka harus sudah di kelas 4 SD.

Mudah kan ? PROTAP bisa didonlot di sini. Selamat berkeliling istana Bogor 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Cara Mengunjungi Istana Bogor

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s