Pertanyaan Essensial di Kelas

 

Hari ini belajar tentang cara membuat pertanyaan Essensial. Setelah googling, didapatlah pengetahuan baru bahwasanya  pertanyaan esensial menurut Jacobs (1997) sering menjadi alat untuk membuat kejelasan dan presisi juga digunakan untuk mengkomunikasikan bagian penting dari ide-ide, subjek atau disiplin.

MathStar NM mengatakan bahwa pertanyaan essensial merupakan pertanyaan yang memiliki makna lebih dalam, orang-orang yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan lebih tinggi seperti pemecahan masalah dan memahami sistem yang kompleks.

Dalam sebuah penelitian kualitatif, sebuah pertanyaanesensial yang baik merupakan komponen utama merancang pembelajaran berbasis penyelidikan. Bagi  siswa pertanyaan esensial berfungsi sebagai rambu-rambu dalam pemecahkan masalah, membaca, bertanya, menyaring dan mengurutkan pengetahuan dan keterampilan yang terkait.

Dengan pertanyaan essensial, siswa harus menjawab pertanyaan dengan melakukan penelitian terlebih dahulu. Pertanyaan ini yang lalu akan menggiring siswa kepada materi inti pertanyaan dan mengikuti apa yang ingin kita harapkan dari siswa selama mengikuti pembelajaran.

 

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s