Yang tidak Boleh Dilakukan Pimpinan

 

Anak-anakku, pimpinan itu ternyata belum tentu seorang pemimipin lho. Seorang pemimpin pastilah mempunyai attitude pemimpin. Itulah yang belum tentu dimiliki seorang pimpinan. Suatu ketika kalian jadi pemimpin, ingatlah yang tidak boleh dilakukan dan terjadi pada seorang pimpinan versi saya :

  1. Rumpi. Ngomongin orang lain terutama anak buah ke sana ke mari. Rumpi banget kan ? Seperti tidak ada pekerjaan saja.
  2. Selalu mengutarakan kesalahan anak buah, tanpa rela menceritakan kelebihan anak buah. Terkesan anak buah selalu salah, dan pimpinan selalu benar.
  3. Membuat keputusan atau jawaban tanpa pikir panjang. Nah, ini juga penting. Jangan-jangan setelah ngomong lalu “ngeh”nya belakangan bahwa keputusan atau jawaban atas pertanyaan anak buah itu salah. Jarang ah pimpinan yang mau mengakui kesalahan model begini. Bagaimana si pimpinan akan menyelamatkan diri ? Dia akan terus menjawab hal yang salah atau dia akan menjawab dengan jawaban yang berbeda ke anak buah yang satu dengan anak buah yang lain.
  4. Pilih kasih. Ini juga penting. Case per case, pilih kasih memang memiliki sebab, namun tidak akan pernah dibenarkan boss yang hanya mementingkan kebutuhan atau eksistensi beberapa gelintir orang tertentu saja. Yang harus dilakukan boss model ini adalah bagaimana caranya mengubah keadaan agar orang lain juga memiliki “sesuatu” yang sama dengan yang lain sehingga bisa diperlakukan sama.
  5. Jutek. Ih, malesin banget sih boss yang seperti ini..
  6. Tidak open mind. Nah, pimpinan yang model ini  biasanya selalu merasa gagah sendiri tanpa mau belajar menerima pendapat anak buah. Bahaya kan ? Mending kalau si pimpinan begitu kerennya memiliki kemampuan tanpa belajar dari orang lain. Mmhh.. adakah yang begitu ?

Kalau mereview per-boss-an saya jadi ingat buku My Stupid Boss. Sudah baca ? Ambillah sisi positifnya untuk ditiru dan sisi negatif si boss untuk ditinggalkan .

Advertisements

One thought on “Yang tidak Boleh Dilakukan Pimpinan

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s