Menanti Kunjungan Orang

slideshare

Ehm, sekarang saya punya teman yang suka bertanya-tanya tentang ini itu pada saya. Kemarin dia bingung bagaimana mengabadikan data sekaligus bisa dipakai untuk pembelajaran siswa. Karena saya punya slideshare, maka saya ajak dia menggunakannya. Beberapa hari kemudian saya ajak dia menengok seberapa banyak orang sih yang sudah mengunjungi materi yang kita bagikan di slideshare? Ternyata beliau melonjak kegirangan (atau kaget ya?) melihat jumlah pengunjung slidesharenya. “Aku tak mengira ternyata ada yang melihat kiriman aku…”, begitulah lirihnya. Esok harinya kegiatan ngintip pengunjung berulang lagi. Begitu seterusnya.

Hal yang sama masih saya lakukan pada setiap kiriman yang saya lakukan baik di blog, slideshare, guraru, ataupun tulisan di Kompasiana. Memang, sadar ataupun tidak, ternyata kita memerlukan data seberapa besar orang lain “membutuhkan kita”. Kadang kala juga kita ingin tahu adakah orang lain yang turut menitip jejak dengan memberikan komentar  atau bahkan mengunduh kiriman kita. Hal yang ringan tetapi ternyata seru juga ya… “Menanti Kunjungan Orang”

Tips simple agar site kita dikunjungi banyak orang adalah bagikan hal-hal yang diperlukan banyak orang. Misalnya, akhir-akhir ini guru-guru pasti disibukkan dengan membuat RPP kurikulum 2013 terbaru. Nah, dalam waktu 5 hari  RPP saya sudah dikunjungi lebih dari 600 pengunjung dan 42 pendownload. Kedua, upload materi pembelajaran atau apapun yang dibutuhkan siswa dan ajak mereka mengunjungi site kita. Walhasil, selain memberikan mereka data paperless, belajar dengan ICT, juga membuat ruah keseruan kita.  Esok hari bertambah lagi tidak ya? .. Esok kita intip lagi!

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s