Apa Rahasia Kesuksesan Korsel ?

 

bbf

Semua dari kita tahu bahwa remaja Indonesia dan banyak negara lainnya sedang “senang-senangnya” pada Drama Korea, termasuk K-Popnya. Kegandrungan ini tidak lain karena “budaya” orang Korea Selatan telah melahirkan banyak kreatifitas yang diminati warga dunia.

Orang Korsel  terbiasa melakukan banyak hal dalam satu hari. Mereka memiliki prioritas pekerjaan yang menumpuk untuk diselesaikan pada hari itu juga. Dengan begitu, apa yang mereka lakukan selalu dengan ritme yang cepat karena pekerjaan lain telah menanti. Koran Kompas pagi ini (21/8) mengatakan budaya ini sangat berbeda dengan apa yang orang Indonesia yakini. Kita biasa mengandalkan “hari esok”, sehingga pekerjaan menumpuk tidak terselesaikan dan produktifitas otomatis rendah dibandingkan orang-orang Korea.

Cara kerja cepat orang Korsel ini pula yang membuat produk elektroniknya menyebar hampir di seluruh dunia. Film dan musiknya juga dinikmati jutaan orang dan menjadi trend dunia baru. Orang Korsel terkenal juga sebagai orang-orang yang fokus dalam mengerjakan sesuatu, mereka akan mengerjakannya dengan totalitas yang tinggi, tetapi mereka tidak mengabaikan waktu libur. Pada saat hari kerja, mereka bekerja giat dan pada saat libur mereka menikmati liburannya. Menurut orang Korsel, liburan penting untuk memulihkan kembali semangat dan gairah bekerja.

Orang Korsel bekerja 14 – 18 jam sehari. Jika kita lihat jarum jam, dan memulia hitungan pada angka 07.00, maka orang Korsel akan mengakhiri pekerjaan minimal pukul 21.00 malam. Pantas saja, Samsung kini semakin bersaing dengan Apple.

Ternyata disiplin tinggi ini tidak hanya ada di bidang ekonomi saja, orang Korsel  juga terkenal memiliki kedisiplinan di bidang pendidikan. Kompas juga menuliskan bahwa Korsel adalah negara denga populasi penduduk bergelar doktor dan profesor tertinggi di dunia.

*Bedah Koran Kompas 21 Agustus 2013.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s