Magang ke Wirausahawan Kecil

Siswa kelas XI Jurusan IPS saya beri tantangan baru : Magang  di wirausahawan kecil/pengusaha kecil di sekitar mereka. Jenis usahanya bebass, yang penting siswa bisa belajar di dalamnya. Magang merupakan istilah yang saya pakai karena di sini siswa diharapkan bisa belajar dengan bertanya, mengamati, dan terlibat langsung dengan pekerjaan. Apa yang dipelajari dan apa yang dilakukan siswa ?

  1. Siswa akan survey terlebih dahulu ke tempat yang mereka tuju. Ada yang ke warung makan, pabrik pembuatan tahu, bengkel kecil, dan sebagainya. Survey adalah sebuah langkah penting untuk siswa mengetahui apakah mereka mendapat ijin melakukannya atau tidak. Survey dilakukan juga agar siswa mengetahui apa saja yang mereka bisa pelajari di tempat magang mereka. Jika siswa memerlukan surat permohonan ijin, maka siswa bisa memintanya kepada guru.
  2. Magang dilakukan semala minimal 3 hari, tergantung ijin dari perusahaan, dari  Juli hingga November 2013. Siswa diminta juga mengelola komunikasi yang baik dengan perusahaan tempat mereka magang, sehingga akan mudah dan tidak canggung bertanya berbagai hal. Apa yang bisa ditanyakan dan diamati di tempat magang ?
  • Siswa akan bertanya perihal sejarah berdirinya perusahaan tempat magang.
  • Siswa akan mengamati kegiatan perusahaan, apa yang diproduksi, bagiamana perusahaan memproduksi, bagaimana memasarkan, dsb.
  • Siswa akan mengamati bagaimana perilaku pembeli / pelanggan di tampat magang
  • Siswa akan mengamati bagaimana perilaku pekerja di tempat magang.
  • Siswa akan melakukan analisis SWOT dari perusahaan yang dijadikan tempat magang
  • Siswa akan melakukan komunikasi dalam rangka belajar tentang pekerjaan yang digeluti di tempat magang
  • Siswa akan belajar bagaimana perusahaan mengatur dirinya

3. Siswa akan membuat laporan tertulis, dilengkapi dengan foto-foto kegiatan dan video. Laporan tertulis merupakan tulisan bebas yang menggambarkan point 2 di atas yang dirancang dalam beberapa Bab dan Subbab disertai dengan foto-foto kegiatan. Laporan dan Analisis SWOT juga harus dipublish pada blog siswa masing-masing dan menyimpan link-nya di kolom komentar pada tulisan ini.

Advertisements

One thought on “Magang ke Wirausahawan Kecil

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s