Penilaian Guru di Al Muslim itu Berat, Jendral !

 

Kepala sekolah menegaskan kembali bahwasanya Penilaian Guru yang dilakukan Kepala Sekolah, Kabid Pendidikan, dan Kabid Nonpendidikan akan segera berakhir. Artinya, sebentar lagi kami akan melihat seberapa besar nilai kami untuk tahun ini. Tahun lalu saya mendapatkan nilai akhir 85, tentu saja dengan predikat A. Sebagai catatan, tahun lalu saya hanya punya tulisan di surat kabar satu buah dan belum punya PTK. Tahun ini saya kasih tulisan di media massa sebanyak 4 buah. Mangga silahkan dinikmati, dan satu buah PTK plus satu buah Lesson Study. Nah lho ! Dari sekarang saya sudah ancang-ancang, kalau nilai saya di bawah tahun kemarin… saya akan datangi kepala sekolah dan bertanya : Kok bisa ? #butuhnilaiobjektif.

Penilaian yang berlangsung setiap tahun ini memang bermacam-macam jenisnya. Ada penilaian supervisi, penilaian DP3, prestasi. penilaian perangkat pembelajaran, dan sebagainya. Saya juga pernah menuliskan buku-buku apa saja yang harus dipersiapkan guru selama satu tahun pembelajarannya di tulisan bertajuk Kompetensi Administrasi. Buku-buku itu antara lain :

  1. Buku Administrasi, seperti :
    • Buku Kasus
    • Buku Daftar Referensi guru
    • Buku Penerimaan dan Pengembalian Rapor
    • Buku Notulen
    • Buku Data Kelas
    • Buku Jurnal
    • Buku Inventaris
    • Buku Kunjungan/ Supervisi
    • Buku Observasi Leadership
    • Buku Penilaian dan Remidi
    • Buku Refleksi RPP
  2. Administrasi Guru
  • Silabus
  • Program tahunan
  • Program Semester
  • RPP
  • LKS
  • Kisi-kisi Evaluasi
  • Soal

Sebenarnya tidak ada yang istimewa. Hanya rutinitas yang seharusnya sangat biasa dilakukan guru-guru. Saya juga tidak tahu apakah sekolah lain juga mengalami penilaian yang sama dengan yang dilakukan sekolah kami, yang pasti, guru yang tidak terbiasa dengan beban kerja yang seakan-akan berat ini memang biasanya akan segera angkat kaki. Saya menduga, banyak sekolah yang memang tidak seberat Al Muslim dalam membelajarkan guru-gurunya. Buku-buku ini dibundel sedemikian rupa dalam bentuk portofolio.

2013-05-28 12.37.59                                                                                         Gambar cantik : portofolio saya tahun 2013 ini…

Bayangkan saja, tidak semua sekolah juga melakukan supervisi terhadap gurunya di kelas. Sekolah kami hampir setahun minimal dua kali dikunjungi. Di akhir tahun bahkan bisa sampai lima kali. Dua tahun yang lalu saya pernah disupervisi oleh sepuluh orang secara bersamaan dalam kelas. Oh My God, serasa jadi si Fatinnya x-factor, pengen mati aja! Saya bukan entertain yang bermental baja, jadi bolehlah saya gugup sekali pada waktu itu. Apalagi hasilnya kemudian dijadikan bahan diskusi antartiga lembaga Al Muslim, yaitu Salman Al Farisi Bandung, Al Muslim Tambun, dan Al Muslim Surabaya. Entahlah, seperti apa saya pada saat itu. Dan dengan gagahnya, Pak Heri (pustakawan kami) memasangnya di Youtube. #sayataksanggupmenontnnya. Hehe.. baru 97 kali tayang. Ada yang minat ?

Nah, kembali ke penilaian. Penilaian setiap tahun yang kami alami, rupanya dijadikan sebagai patokan kenaikan gaji dan insentif tahunan guru dan karyawan. Jadi gini, setiap tahun kami mendapat insentif bulanan yang besarnya bervariasi antarguru. Sebut saja misal tahun kemarin insentifnya RP. 500.000, jika tahun ini saya mendapat nilai A maka insentifnya akan naik 100 %, sehingga jadi deh Rp 1.000.000.00. Kalau nilai saya C, maka saya tidak akan mendapat insentif untuk satu tahun ke depan.

Di luar penilaian dan besarnya nilai insentif ini, saya tetap merasa sadar bahwa saya harus menjadi guru profesional dan tetap tulus mencintai profesi ini. Saya ikrarkan bekerja dengan maksimal dan optimal serta penuh prestasi sebagai bentuk pertanggungjawaban saya bagi keluarga yang saya tinggalkan sehari-harinya. Sebagai bentuk permohonan pertolongan dari Yang Kuasa agar Dia mencintai anak-anak saya sebagaimana saya mencintai murid-murid saya sepenuh hati. Jadi, pekerjaan ini penuh cinta lho… Semoga Allah meridhainya sebagai ibadah dan  semoga ilmu yang diberikan adalah ilmu yang manfaat untuk semua orang.

Hiks… terpujilah wahai engkau, ibu bapak guru #pengendinyanyiin.

4 thoughts on “Penilaian Guru di Al Muslim itu Berat, Jendral !

  1. like this bu mugi….semoga sll bermanfaat ya ilmunya. oh iya….di almuslim ada lowongan guru ga mba? utk guru bhs arabSMP/SMA?

    sy tnggal di kompas tambun. mhon infonya ya….

Your message

