Mencoba Flipped Classroom, Yuk !

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membaca-baca lagi referensi tentang kelas terbalik, flipped classroom. Ternyata beberapa referensi mengatakan bahwa flipped classroom itu adalah pembelajaran terbalik dengan cara membalikkan kebiasaan ketika guru menerangkan kemudian memberi tugas. Dibalik deh menjadi beri tugas dulu, baru terangkan. Dengan begitu, siswa akan berbekal banyak pertanyaan yang dia jumpai di lapangannya sendiri. Semisal, saya memberikan tugas membuat blog kepada mereka. Tanpa saya ajarkan terlebih dahulu loh. Nah, tanpa “ilmu ” yang diberikan sebagai bekal ini lalu mengharuskan siswa mencari pengetahuan sendiri. Caranya tentu saja mereka harus akrab dengan google dan mesin pencari lainnya. Artinya, pengetahuan-pengetahuan via internet ini sudah harus biasa dicari oleh siswa. Ini juga yang menjadi salah satu ciri flipped classroom.

Kemudian, di hari bertemu di kelas, siswa membawa permasalahan masing-masing dan bisa share satu dengan yang lainnya. Mereka mencari pengetahuan dan menemukannya sendiri. Itu beda banget loh rasanya dibanding guru menjelaskan sendiri di depan kelas. Kalau cara begitu, itu sudah sangat biasa.

Nah. pertemuan tatap muka dan tidak (offline) ini juga yang menjadi salah satu contoh flipped classroom. Flipped classroom ini merupakan salah satu model pembelajaran abad 21 loh teman-teman. Dimana pendekatan yang dipakai lebih kepada student centered. Mencoba serunya, yuk ?

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s