Ketika Murid Memprotes Guru

 

Jeff Bliss, seorang siswa di Duncanville High School, Texas diberitakan Republika Senin, 13 Mei 2013, memprotes gurunya lantaran menganggap gurunya gagal memberikan dorongan untuk terus belajar. Menurut Bliss, Mrs Phung, tidak berhasil memberikan pendidikan yang kontekstual dan tidak berusaha menjalin interaksi dengan siswa-siswanya.

“Saya ingin melihat guru membicarakan hal-hal yang baru,” ungkap Bliss. Guru juga diharapkan mampu menjawab semua pertanyaan siswa. Nah lho! Menurut Bliss, para siswa seharusnya memperhatikan dan melakukan hal-hal seperti ini. Mungkin maksudnya, para siswa harus memperjuangkan haknya untuk mendapatkan pendidikan yang baik dari para gurunya dan tidak boleh diam saja jika hal seperti ini terjadi.

Anda pernah diprotes oleh siswa lantaran metode pembelajaran yang Anda lakukan tidak kontekstual ? Kontekstual sendiri artinya guru mampu menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas yang dikaitkan dengan pembelajaran yang kita berikan pada siswa. Situasi nyata ini memiliki makna bahwa guru memberikan hubungan antara pengetahuan di kelas dengan kehidupan siswa secara nyata.

Di Amerika Serikat, Bliss yang hanya seorang siswa ternyata berani mengungkapkan kekesalannya melihat guru yang “biasa” saja. Hal seperti ini mungkin saja akan terjadi pada dunia persekolahan di Indonesia. Kenapa tidak ?

Video Bliss ini direkam rekannya yang kebetulan juga ada di dalam kelas dan diunggah ke dalam Youtube.

Sumber:

Republika, Senin, 13 Mei 2013.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s