Dan Gurupun Merokok di Sekolah

 

Per 1 Juni 2013, merokok di tempat umum seperti restoran, kafe, hotel, stasiun, rumah sakit, dan banyak lagi, menjadi hal yang terlarang di seluruh Rusia. Bahkan, larangan ini diperluas oleh Pemerintah Rusia meliputi larangan merokok di dalam transportasi umum seperti kapal laut atau kereta api jarak jauh.

Pemerintah Rusia sangat bersemangat mengatasi kecanduan masyarakat terhadap nikotin dan ingin memperbaiki kualitas kesehatan warganya.

Di Indonesia, larangan merokok menjadi sesuatu yang semakin kabur saja. Semisal di Jakarta, ada 7 tempat yang ditetapkan sebagai Kawasan Dilarang Merokok. Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No.88 Tahun 2010, tempat-tempat yang ditetapkan sebagai Kawasan Dilarang Rokok (KDM) adalah:

  •     Fasilitas pelayanan kesehatan
  •     Tempat proses belajar mengajar
  •     Tempat anak bermain
  •     Tempat ibadah
  •     Angkutan umum
  •     Tempat kerja
  •     Tempat umum lain yang ditetapkan.

Dengan kata lain, di tempat-tempat ini siapapun dilarang merokok. Nyatanya, banyak orang seakan tidak peduli dan seenaknya menghisap batang tembakau. Jika Anda memergokinya, maka laporkan saja ke call center nomor (O21) 5228694 atau membuat pengaduan di www.pedulijakarta.com.

Yang akan ditegur, menurut Kepala Bidang Penegakan Hukum BPLHD (Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah) DKI Jakart adalah pengelola tempat yang masih melakukan pelanggaran. Misalnya, merokok di restoran, nanti pengelola restorannya yang akan ditegur. Bila dalam 1 bulan setelah surat pemberitahuan dikirimkan tempat yang dilaporkan belum juga melakukan tindakan, maka akan ada sanksi administrasi yang akan diberikan, yaitu:

  • Peringatan tertulis (1-3), penyebutan nama melalui media, penghentian sementara, pencabutan izin.
  • Peringatan tertulis dan penyebutan nama dilaksanakan oleh kepala SKPD/UKPD terkait.
  • Penghentian sementara, termasuk penyegelan, dilaksanakan oleh kepala Satpol PP/Kab Administrasi.
  • Pencabutan izin menjadi tanggung jawab Kepala SKPD/UKPD terkait.

Tapi hey, pernahkan Anda melihat Bapak / Ibu guru merokok justru di sekolah-sekolah tempatnya mengajar ?

Saya masih sering menemui fenomena seperti ini. Antara bingung dan miris. Bingung, mau melapor pada siapa ? Pada kepala sekolahnya ? Khawatir mereka juga merokok di sekolah jangan-jangan. Pada Departeman Pendidikan ? Di kantor pemerintahan seperti ini juga masih sering ditemui orang-orang merokok di mana saja. Aturan tinggal aturan yang sering kali ditinggalkan.  Padahal  kesuksesan penanaman pendidikan karakter harus melibatkan stake holder di manapun berada.

Tidak ada yang peduli dengan aturan dan bahkan konsekuensi rusaknya kesehatan diri sendiri akibat rokok. Bahkan, tak ada yang menyadari rokok merupakan pintu masuknya narkoba.   Di beberapa sekolah,  anak-anaknya merokok bersama-sama di depan gerbang sekolah mereka. Sebuah kenyataan akan kelamnya dunia pendidikan dalam meneladankan generasi bangsa. Guru-guru dan sekolah dengan sadar tidak mau menjadi teladan.

 

Sumber :
http://www.inikabarku.com/2012/05/pergoki-orang-merokok-di-area-terlarang.html

http://m.inilah.com/read/detail/1962077/rusia-larang-merokok-di-tempat-umum

Advertisements

One thought on “Dan Gurupun Merokok di Sekolah

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s