Metode Pembelajaran : Class Tour

Foto1059

Metode ini diberi nama class tour, karena memang siswa melakukan tour di dalam kelas.

Caranya : Guru menyiapkan beberapa beberapa kertas flipchart di sekeliling kelas. Ada yang di whiteboard, dinding sebelah kiri, kanan, dan seterusnya, yang sudah saya tuliskan judul materi yang diharapkan dikelola dalam kelas.

Misalnya: kertas pertama berjudul Ciri-ciri Inflasi, kertas kedua berjudul orang-orang yang dirugikan oleh inflasi, dan seterusnya.

Kelas dibagi terlebih dahulu ke dalam kelompok kecil. Biasanya, saya meminta mereka mencari beberapa referensi berbeda dari perpustakaan yang terkait dengan materi yang disampaikan. Dalam waktu yang ditentukan, siswa dalam kelompok akan bergantian mengisi flipchart dengan bantuan referensi yang mereka pegang. Siswa harus mengisi hal-hal yang belum diisi oleh teman-temannya yang terdahulu.  Begitu seterusnya hingga setiap kelompok sudah berhasil mengunjungi semua flipchart.

Di akhir acara tour, siswa secara bergantian mempresentasikan hasil rangkuman yang mereka sarikan dari banyak buku referensi.

Di sini, siswa belajar bekerja sama, membaca buku dan merangkumnya sesuai kebutuhan mereka, mempresentasikan, dan tanya jawab.

Advertisements

One thought on “Metode Pembelajaran : Class Tour

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s