UN 2013 yang Misterius

 

Ujian Nasional untuk SMA tinggal di depan mata. Kemarin, ketika diadakan rapat pengawas silang, panitia sekolah yang kami kunjungi menjelaskan tentang tata cara mengawas. Beberapa pengawas tampak bingung karena ke’abstrakan” ujian nasional itu sendiri.

Beberapa pengawas mengungkapkan tentang kegundahannya akan soal-soal yang rusak, tidak lengkap dan sebagainya. Padahal, mudah saja. Periksa saja lembar soal dan lembar jawaban sebelum melakukan aktifitas lain. Kalau terjadi kerusakan dan kekacauan lain, laporkan saja kepada panitia. Nanti panitia yang akan mengurus segala hal tersebut.

Tugas pengawas juga adalah mendampingi anak-anak ketika melepas soal dengan lembar jawaban. Panitia tidak bisa menjelaskan apakah antara soal dan lembar jawaban sudah tersetting garis putus-putus yang tinggal sobek atau tidak, karena panitia mengaku tidak pernah melihat soalnya seperti apa. Guru pengawas agak gelisah, khawatir akan terjadi hal-hal yang memang ditakutkan merupakan kesalahan yang berdampak fatal.

Begitupun dengan pembagian soal ber-barcode. Apakah soalnya harus dibagikan berurut atau boleh bebas? Panitia juga agak bingung karena memang belum melihat penampilan soal yang sesungguhnya. Hanya saja, menurut keterangan yang diperoleh, soal tidak dinomori atau berkode A, B, C, atau D dan seterusnya. Kalau memang benar soal tersebut ber-barcode, seharusnya soal tersebut bebas dibagikan ke peserta tanpa berurutan. Toh mereka punya barcode yang berbeda. Artinya, pengumpulan soal hanya berdasarkan urutan nomor peserta, bukan barcode.

Rupanya, UN esok hari masih misterius ya. Agak-agak membuat pengawas khawatir karena model seperti ini baru akan dilaksanakan. Rumitnya tata cara UN beralasan utama demi mengusung kejujuran peserta ujian.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s