Karakter yang Muncul dalam Social Project

 

2013-02-04 08.54.35

Saya sengaja tidak memberikan apa-apa kepada anak-anak Leadership kelas XC dan XD untuk menemani mereka melakukan proyek sosialnya. Seratus persen saya ingin mereka belajar menghadapi banyak hal. Mulai dari bagaimana mengelola waktu untuk berdiskusi, melakukan proyek, belanja ke pasar, melego untuk melakukan kunjungan dan sebagainya. Saya bilang, saya tidak akan membuatkan surat apapun kalau tidak diminta.

Hal luar biasa mulai muncul. Anak-anak sangat antusias dan bersemangat untuk melakukan proyek mereka. Ternyata mereka sudah mengatur waktu dengan baik. Dalam liburannya, ada beberapa hari yang terjadwal mereka pakai untuk melakukan proyek. Ada satu hari yang mereka pakai untuk survey tempat dan perijinan, ada juga yang belanja dan mempersiapkan bahan-bahan untuk proyek mereka.

Belum apa-apa saya sudah mulai senang. Mereka bisa lho membagi waktu, berani mendatangi tempat yang mereka harapkan, berani mengutarakan pendapat, berani memberikan proposal dan kreatif melakukan apapun. Saya tidak peduli proyek yang mereka lakukan sangat biasa atau tidak terlalu keren, saya sudah terlalu senang bisa mengajak mereka menikmati proses pembelajaran di luar kelas yang sangat menantang.

Mudah-mudahan pengalaman menghadapi orang yang tidak selalu sependapat dengan mereka atau menghadapi orang yang mencemooh mereka, atau berfikir bagaimana mencari jalan lain yang lebih baik, akan terbawa hingga mereka dewasa.

Goodluck ladies !!!

Your message

