Adakah Guru Hebat di Indonesia ?

siapa guru hebat

Satu hal yang hampir selalu ditanyakan Pak Dedi Dwitagama dalam setiap acara yang diisinya adalah “siapa guru hebat yang Anda kenal ?”. Dan hampir semua orang di acara berbeda akan menjawab : Pak Arief Rahman.

Dedi Dwitagama, adalah seorang guru di SMK 50 (kalo ga salah ya Pak?), mantan kepala SMK Penerbangan Jakarta tahun kemarin. Pemenang Guraru Award tahun 2012 ini juga adalah seorang pemateri di bidang kepemimpinan , motivasi dan PTK. Dengan prestasinya yang juga demikian banyak, Pak Dedi tidak mau disebut guru hebat. Aduuh.. bagaimana dengan saya, Pak ?

Kalau Pak Dedi belum  merasa hebat, berarti benar dong menurut guru-guru yang lain bahwa guru hebat di Indonesia cuma satu, yaitu Pak Arief Rahman. Pak Arif sudah uzur. Dalam usianya yang sudah lewat dari 70 tahun, beliau memang masih terlihat penuh semangat walau langkahnya tentu saja mulai banyak terkendala. Lantas, jika Pak Arief pergi… Indonesia lalu tak punya guru hebat lagi? Semoga Bapak diberikan kesehatan dan usia yang panjang, karena ternyata Bapak adalah guru hebat pilihan para guru di Indonesia.

Dalam hati saya menggarisbawahi kesimpulan dari jawaban bahwa guru hebat di Indonesia itu tidak banyak, bahwasanya : Indonesia benar-benar krisis kepemimpinan. Bayangkan, setiap guru itu seharusnya orang hebat, karena dari tangan merekalah generasi bangsa terbentuk. Tapi tak banyak guru yang siap menjadi orang hebat. Banyak guru yang malas belajar dan tidak sedikit yang enggan mengubah paradigma perubahan yang harus diciptakannya sendiri.

Jadi, ayo Ibu Mugi… jadilah guru yang baik. Yang tetap memiliki dedikasi tinggi untuk menemani anak-anak mengubah dirinya. Jangan malas belajar karena anak-anakpun harus belajar dari kita. . Ilmu pengetahuan itu terus berubah, jadi jangan berikan anak-anak ilmu yang usang. Hidup bukan hanya di dunia, karenanya bersiaplah untuk memberikan pertanggungjawaban atas pendidikan anak-anak bangsa ini.

Ibu Mugi…jadilah guru hebat ! Masih ada lowongan untuk mengisi daftar guru-guru hebat penerus Pak Arief.

Semangaaatttt!

Advertisements

3 thoughts on “Adakah Guru Hebat di Indonesia ?

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s