Kelamnya Pembelajaran Menulis bagi Guru

Menulis rupanya belum jadi kegiatan primadona di dunia sekolah sekalipun. Jangankan siswanya, guru-gurunyapun angkat tangan jika diminta untuk mulai menulis. Mengapa ya?

Pertanyaan kecil kadang saya lontarkan untuk sekedar tahu akar masalah sebenarnya. Mengapa enggan menulis ? Jawabannya rata-rata mengarah kepada:

  • guru merasa tidak mampu melakukannya. " Saya tidak bisa menulis," demikian jawaban pertama yang selalu saya dapat.
  • guru tidak memiliki rasa percaya diri untuk menelurkan tulisan-tulisan. Perasaan malu mungkin menggelayut jika rangkaian kata yang tertuang dalam tulisan terbaca orang lain.
  • Dua perasaan tadi jika dibiarkan maka akan menjadi rasa malas. Kemalasan ini jika terus dibiarkanpun akan membuat ketidakmampuan dan tidak percaya diri dalam menulis akan ada pada siapapun.

Akhirnya, kemalasan yang terus menerus berlangsung menjadikan guru diam tidak bergerak dari kenyamanannya menjadi penerus generasi oral. Jika ini terus berlangsung, budaya literasi akan mati, bahkan kematian ini dimulai di tempat anak-anak didik mulai kita coba semai, yaitu di sekolah.

Apa yang harus dilakukan guru ?

Semua guru harus belajar, karena belajar adalah proses untuk kita berubah. Tidak pandang dia sudah merasa bisa menulis atau tidak, dia harus terus belajar. Naik ke level berikutnya mungkin yang harus dilakukan. Apalagi yang merasa belum bisa.

Banyak cara kok yang bisa dilakukan guru yang mau belajar menulis. Makanya, guru sebaiknya ikut dalam komunitas guru. Biasanya kesempatan belajar menulis akan saling didukung oleh para anggota lainnya. Gurupun bisa mengikuti pelatihan-pelatihan menulis yang banyak diselenggarakan pihak-pihak yang peduli pada gerakan literasi. Satu lagi yang bisa saya sarankan adalah, berkumpullah dengan para penulis, insya Allah motivasi untuk menjaga semangat menulis akan tetap ada.

Selamat Siang, Guru Indonesia!

Kelamnya Pembelajaran Menulis bagi Guru

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s