Tak Ada Penjurusan di Kurikulum 2013 untuk SMA

struktur kurikulum sma 1

Kurikulum 2013 yang sejatinya akan mulai diberlakukan untuk kelas X tingkat SMA tahun depan, rupanya tidak lagi bicara penjurusan IPA, IPS atau Bahasa. Lalu, bagaimana proses yang sebenarnya akan terjadi ?

Di persebaran kurikulum 2013 yang ditampilkan di atas, ada kelompok wajib yang harus diambil peserta didik (Kelompok A dan B), dan ada kelompok peminatan (Kelompok C). Kelompok peminatan inilah yang membebaskan peserta didik mengambil mata pelajaran yang diminati olehnya dan harus disesuaikan dengan minat jurusan di bangku kuliah nanti. Artinya, jika peserta didik ingin menjadi dokter dan merasa perlu mengikuti pelajaran fisika, maka dia boleh ambil fisika di kelas x, xi atau xii. Atau dia hanya mau mengikuti fisika di kelas xi dan xii juga boleh.  Begitupun dengan pelajaran peminatan yang lain yang bisa dilihat dari tabel berikut :

struktur kurikulum sma 2

Dengan kata lain, peserta didik idealnya sudah memiliki gambaran jurusan di perguruan tinggi yang akan diambilnya kelak, agar semua pelajaran yang diambil bisa menunjang perkuliahannya kelak.

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s