Resolusi 2013 : Saya Harus Bikin Buku !

 

Perkenalan dengan Kompasiana tahun kemarin, tepatnya 29 Desember 2011 harus saya akui menjadi titik pemicu kebangkitan sebagian dari diri saya. Setahun ini pula saya merasakan diri saya menjadi lain. Banyak pengalaman luar biasa saya peroleh sebagai suatu proses pembelajaran bagi saya, baik sebagai pribadi maupun bagi saya yang berprofesi  sebagai seorang guru. Pertemuan ini mengajak saya mengarungi dunia yang memang tak selebar daun kelor. Dunia ini luas dengan pelajaran tak bertepi,

Tahun 2012 saya merasa memang sangat “gila”. Kegiatan menulis saya lebih aktif dari tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian prestasinyapun membahagiakan. Saya yakin benar ini karena saya mulai berkomunitas.  Awalnya, tahun 2012 saya memang mulai aktif bergabung di sebuah organisasi profesi guru. Dari teman-teman inilah saya mengenal Kompasiana. Dari Kompasiana pula saya mengenal Guraru, sebuah website milik Acer yang concern terhadap dunia pendidikan era baru. Kesenangan saya menulis tersalurkan di banyak komunitas ini. Hal yang lalu menjadi penting buat  saya adalah adanya banyak dukungan dari teman-teman sekomunitas ini yang membuat percaya diri saya lama-lama menjadi hadir.

Tahun 2012 tulisan saya berhasil masuk Kompasiana Freez Cetak  sebanyak dua kali. Judul pertama adalah Irfan, si Pembuat kurikulum Perdamaian, satu lagi Masa Orientasi tidak Harus Tegang dan Menakutkan. Beberapa tulisan kecil berhasil juga masuk Republika. Satu tulisan masuk ke Majalah Potret. Lomba-lomba menulispun akhirnya mulai saya ikuti. Saya ingat lomba pertama saya di Januari 2012 adalah Lomba Blog 3 tahun Astamedia Grup yang berlokasi di Makassar dan saya memperoleh peringkat ke-5 dari sekitar 200-an peserta dari seluruh Indonesia. Senang bukan main.

Lomba kedua yang berhasil saya menangi adalah Lomba Blog Intip Buku yang diselenggarakan oleh MeetPro yang bekerjasama dengan IBSyariah dan Kompas Grup. Lomba berikutnya membuahkan sebuah laptop Acer Travelmate karena tulisan saya menjadi juara dua dalam Lomba Penulisan Artikel Guru Era Baru “Pemanfaatan Teknologi untuk Ruang Kelas yang Kreatif”. Penyelenggaranya adalah Guraru Acer.

Prestasi selanjutnya adalah juara pertama Lomba Blog yang diselenggarakan oleh  pendidik Wijaya Kusumah dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional dan kebangkitan nasional Mei 2012. Lomba ini memberikan saya uang tunai 1 juta rupiah dan beberapa hadiah  menarik lainnya. Lomba terakhir tahun ini memenangkan juara ke-3, yaitu lomba blog yang diselenggarakan oleh Panitia Teacher Writing Camp (TWC) awal Desember 2012 ini. Selama tiga bulan pulsa  ponsel saya akan ditop up senilai Rp. 250.000 oleh Indosat sebagai sponsor utamanya. Di tahun ini pula saya juga bangga menjadi salah seorang nominator Guru Paling Ngeblog 2012 yang diselenggarakan oleh Kompasiana.

Tak apalah saya dibilang sebagai pemburu lomba, karena ternyata juga semua prestasi ini menunjang profesi saya. Nilai A dari yayasan tempat saya mengajar membuktikan bahwa berkomunitas dan menjadi aktif di luar sekolah bisa melahirkan kontribusi positif lain untuk dunia mendidik yang saya lakoni. Di sudut lain saya berharap anak-anak didik saya ikut termotivasi melihat pencapaian-pencapain kecil ini. Sepertinya, akan sangat indah menjadi satu dari banyak inspirator di muka bumi ini. Dengan prestasi-prestasi ini juga saya bisa percaya diri turut mengajak banyak guru di kota saya untuk turut menyukseskan gerakan membaca, menulis, dan melek internet.

2012 akan usai. Kenangan indahnya tentu saja menjadi dorongan buat karya-karya berikutnya. Langkah-langkah kecil sudah saya tapakkan satu persatu. Langkah-langkah besar memang harus mulai dipikirkan. Satu hal yang membuat saya penasaran untuk tahun depan  adalah menulis sebuah buku. Tahun 2013 inilah buku pertama saya semoga bisa hadir. Harapan ini saya tekadkan sebagai sebuah resolusi 2013.

2 thoughts on “Resolusi 2013 : Saya Harus Bikin Buku !

Your message

