The Inspirator

Ibarat oase, para motivator dalam kegiatan Teacher Writing Camp begitu menyejukkan. Mereka datang satu per satu,  menyapa halus motivasi para guru peserta untuk terus terjaga dan tetap bersemangat menggoreskan pena dalam bentuk tulisan-tulisan.

Kali ini saya ingin memperkenalkan terlebih dahulu satu per satu para pembicara TWC.

bersama Pak Ukim Komarudin

bersama Pak Ukim Komarudin

Yang pertama, Pak Ukim Komarudin. Saya mengenal pertama kalinya saat Pelatihan Menulis 25 November 2012 kemarin. Saat itu bertepatan dengan peluncuran buku beliau yang bertajuk “Guru juga Manusia“. Saya agak  tersipu dengan judul yang diambil Pak Ukim tersebut, karena kebetulan saya pernah menulis sebuah artikel dalam rangka menyambut hari Buruh 1 Mei 2012 dengan judul yang sangat mirip, Buruh juga Manusia. Kalau disilogismekan, jangan-jangan akan ada tulisan baru dengan judul Guru juga Buruh. Walah… Bukan bermaksud merendahkan buruh, namun kok bagaimana gitu ya menyamakan guru dengan buruh, kendati pada berbagai kasus, guru kadang lebih terkesan bernasib lebih jelek dari buruh. Bayangkan, buruh tidak ada buruh honorer, namun guru honorer bejibun jumlahnya, dengan bayaran gaji per jam saja. Kadang buruh jadi terlihat lebih manusiawi, karena memiliki upah minimum. Tapi guru.. hiks.

Kita tinggalkan Guru dan Buruh, dan kembali ke Pak Ukim.

Sebelum si Bapak yang satu ini naik panggung, saya sempat berkenalan terlebih dahulu. Ternyata beliau keturunan Tiong Hoa. Sebuah nama Cina beliau sebutkan, namun jangan minta saya untuk menuliskannya ya… Jadi, kalau dilihat-lihat agak serius, Pak Ukim lebih terlihat sebagai engkoh-engkoh di Mangga Dua ketimbang sebagai guru Bahasa Indonesia di Labschool.

Sebagai guru seperti kebanyakan guru, Pak Ukim terlihat bersahaja. Ucapan-ucapan yang kerap beliau bagikan kepada peserta juga merupakan keseharian beliau sebagai seorang guru. Saya melihat , Pak Ukim merupakan sosok motivator yang membangun kekuatan dari pengalamannya sehari-hari. Pak Ukim senang membagikan cerita tentang profesi guru yang digelutinya. Juga bagaimana guru-guru sebagai pribadi terpelajar, sangat penting untuk menulis.

bersama Pak Agus Sampurno

bersama Pak Agus Sampurno

Pembicara kedua adalah Pak Agus Sampurno, pemenang Guraru Award tahun 2011 ini gencar mengampanyekan pembelajaran abad 21. Di sekolahnya sendiri, SD Global International School, Pak Agus merupakan sosok kreatif dan aktif melaksanakan kurikulum yang humanis. Saya lebih senang menyebutnya begitu karena beliau sangat concern terhadap sisi humanistis peserta didik. Pak Agus adalah sosok kreatif yang mampu mengajak siswa terlibat aktif dalam setiap pembelajaran yang berlangsung. Tidak hanya itu, Pak Agus rajin pula mengajak pada guru di seluruh Indonesia terlibat aktif dalam diskusi pendidikan seputar pembelajaran maupun metode pembelajaran, termasuk juga tentang siswa.

Pak Rahmat Affandi

Pak Rahmat Affandi

Pembicara ketiga adalah Pak Rahmat Affandi. Guru SDN Bekasi Jaya 1 ini ternyata merupakan penulis aktif yang telah menelurkan beberapa buku. Semisal Inspriring Mom & Dad, hentikan Kebiasaan Berbahaya bagi Anak, dan Huruf-Huruf Cinta. Pak Rahmat lebih terlihat familiar dengan pendidikan anak-anak, mungkin karena beliau merupakan guru SD yang memang setiap hari berkecimpung di dunia anak-anak.

bersama Pak Satria Dharma

bersama Pak Satria Dharma

Pembicara berikutnya adalah Pak Satria Dharma. Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) ini sangat concern dengan minat literacy bagi guru-guru di Indonesia. Mengutip dari blog Pak Satria: Pak  Satria yang punya hobi membaca ini menyimpan beberapa obsesi di bidang pendidikan. Di antaranya adalah menjadikan masyarakat memiliki budaya membaca dengan programnya ”A Reading Nation”. Dia juga ingin memiliki lembaga pelatihan guru yang benar-benar berkualitas. Salah satu proyek yang sedang dikerjakannya adalah membesarkan ”Indonesian Teachers Club” yang dibentuknya di Jakarta beberapa waktu lalu, di bawah bendera CBE. Satria adalah salah satu pemrakarsa ”Konferensi Guru Indonesia 2006” yang diselenggarakan oleh Sampoerna Foundation dan Provisi Education pada bulan November 2006 lalu. Mendiknas Dr. Bambang Sudibyo yang membuka dan sekaligus menjadi Keynote Speaker pada acara tersebut sangat terkesan dengan KGI 2006 ini, dan berharap agar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan.

Pak Nusa Putra

Pak Nusa Putra

Pembicara berikutnya adalah Dr. Nusa Putra, S.Fil., M.Pd., seorang dosen UNJ sekaligus penulis puluhan buku. Buku yang ditulis ternyata tidak hanya buku seserius penelitian namun juga beberapa tulisannya terlihat romantis. Saya melongo membaca idenya dalam Einstein dan Spongebob. Pak Nusa menggabungkan kisah-kisah film Spongebob yang jenaka dengan pesan-pesan anonim yang muncul baik langsung maupun tidak langsung dalam kisah-kisah tersebut.

2012-12-08 13.24.47

Satu lagi, sang teroris, Pipiet Senja. Awalnya, saya kaget juga dengan sebutan sang Teroris tersebut. Ternyata artinya Teror Menulis. Rupanya, si teteh yang satu ini sangat giat membimbing banyak orang untuk menulis. Salah satu targetnya adalah para TKI. Karena TKI tersebar di berbagai negara, maka Pipiet Senja beredar ke banyak negara juga. Hebat kan ?

Yang luar biasanya, Pipiet Senja benar-benar seorang penulis yang sudah senja. Semula saya mengira seorang Pipiet Senja adalah penulis muda, namun ternyata seorang nenek yang benar-benar sudah punya cucu. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa namanya “Senja”. Apakah Anda tahu, Pipiet Senja ternyata seorang penderita Thalassemia yang harus melakukan kegiatan transfusi darah secara rutin dalam hitungan minggu dengan biaya puluhan juta dalam  setahun. Dan menulis menjadi salah satu andalan membiayai kebutuhan ini. Hingga saat ini Pipiet Senja sudah menelurkan 110 buah buku. Luar Biasa.

Dan tokoh-tokoh inilah yang  menginspirasi peserta TWC dalam 2 hari. Selamat meledakkan ide !!

Advertisements

Your message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s