Nominator Guru Paling Ngeblog 2012

 

 

 

Kemarin sore, saya agak terperanjat ketika membaca kenyataan bahwa saya menjadi salah satu nominator guru paling ngeblog di Indonesia. Hehe… biar keren, se Indonesia lho, karena memang Kompasiana disajikan untuk seluruh warga Indonesia baik di dalam ataupun di luar negeri. Berbagai profesi berkontribusi pemikiran di sini. Jadi wajar jika meraih penghargaan ini maka kita akan menjadi sangat keren. Salah satu jalannya adalah tentu saja menjadi nominatornya.

Mengapa saya ikut komunitas menulis Kompasiana? Yang pertama, dengan menulis saya seakan menemukan dunia lain. Dunia para pemikir dan pembaharu. Dunia penuh ide dan selalu muda. Dunia yang begitu indah. Kelak saya pensiun dan tua.. dunia ini yang mungkin akan menemani saya. Kedua, di kompasiana saya menemukan keunikan. Ketika berhasil menayangkan tulisan kita akan mendapati berapa mata membaca tulisan kita? Berapa orang yang suka? Adakah komentar yang mendukung atau menusuk ? Waah.. begitu mendebarkan, tahu-tahu banyak orang tidak setuju dengan tulisan kita. Menulis di kompasiana bagaikan ke naik Histeria di Dufan. Bisa jantungan, hehe.. versi lebay , soalnya luar biasa segala kritikan dan ketidaksetujuan yang disampaikan para kompasianer. Perlu keberanian tersendiri untuk masuk Kompasiana. Tapi kita juga akan berseri-seri jika tulisan masuk kategori HL atau trending topic, bagaikan memperoleh sesuatu. Alhamdulillah… setahun bergabung, sudah lebih dari 20 tulisan saya masuk HL dan beberapa masuk trending topic. Tapi saya juga puas dicaci maki dibeberapa tulisan. Wuih… ga apa-apa deh. mempertebal rasa percaya diri.

Pemilihan guru paling ngeblog ?? wah, ketika membaca pengumumannya saja saya jadi minder. Sudah pasti protes sana-sini akan berdatangan dari berbagai pelosok negeri dan profesi. Banyak orang seakan-akan merendahkan profesi yang agung ini. Tentu saja saya sendiri maklum, kenapa harus guru? Bukankah banyak profesi di sini? Tapi sebagai guru yang berkecimpung di dunia pendidikan, saya ingin beritahu pada kompasianer bahwasanya banyaknya guru yang menjadi kompasianer tidak sebanding dengan jumlah guru yang ada di Indonesia. Jumlah guru yang ngeblog secara pribadi juga tidak banyak, apalagi guru yang berkategori memanfaatkan ICT untuk pembelajaran, sama sekali sedikit. Secara data,  saya memang tidak punya angka,  tapi coba diperhatikan setiap sekolah yang ada di Indonesia ini, paling-paling guru yang dimaksud oleh Kompasiana sebagai guru ngeblog hanya ada beberapa orang saja. Lebih banyak guru Old Fashion yang hanya mengandalkan bekal seadanya tanpa mau bersusah payah berteknologi.

Jadi, secara pribadi sebagai guru, saya berterimakasih pada Kompasiana yang telah memberi penghargaan khusus bagi para guru-guru yang sudah mencerdaskan bangsa dengan cara ngeblog ini. Guru-guru ini adalah guru-guru luar biasa yang tidak sama dengan guru-guru yang tidak punya blog dan tulisan. Guru-guru ini  adalah guru-guru yang menyukai perubahan. Dan saya senang menjadi bagian dari perubahan itu sendiri….

Selamat berkompasianival 2012, selamat bagi para nominator. Siapapun pemenangnya, berikan untuk pengabdian !

One thought on “Nominator Guru Paling Ngeblog 2012

Your message

